about-logo

Rekomendasi Wisata Dekat Alun Alun Tugu Kota Malang

Apabila Anda tengah merindukan pengalaman petualangan yang menakjubkan di sekitar Alun-Alun Tugu Kota Malang, Anda telah sampai pada lokasi yang sesuai! Dari pesona sejarah yang memukau hingga keindahan alam yang menakjubkan, artikel ini akan mengungkapkan rekomendasi wisata paling mengagumkan yang dapat Anda nikmati dengan mudah di sekitar jantung kota. Siapkan diri Anda untuk merasakan pesona tak terlupakan dari destinasi-destinasi yang kami pilih khusus untuk Anda.

Tips untuk Menemukan Tempat Wisata yang Cocok

Menentukan destinasi wisata yang sesuai merupakan langkah penting guna memastikan bahwa liburan Anda berlangsung menyenangkan dan memuaskan. Berikut beberapa panduan yang dapat membantu Anda dalam memilih lokasi perjalanan:

1. Menentukan Tujuan Wisata 

Pertama-tama, tentukan tujuan wisata Anda. Apakah Anda mencari liburan santai di pantai, petualangan di pegunungan, atau eksplorasi budaya di kota-kota? Mengetahui tujuan Anda akan membantu menyaring pilihan tempat wisata yang sesuai.

2. Tetapkan Anggaran

Tetapkan anggaran liburan Anda sebelumnya. Ini akan membantu menyaring pilihan Anda dan menghindari menghabiskan terlalu banyak uang.

3. Tentukan Minat Pribadi

Pertimbangkan minat dan hobi pribadi Anda. Jika Anda suka aktivitas luar ruangan, destinasi pegunungan atau pantai mungkin lebih cocok. Jika Anda tertarik pada sejarah dan seni, kota-kota dengan museum dan situs bersejarah bisa menjadi pilihan.

 

Perlu diingat bahwa setiap orang memiliki preferensi yang beragam, oleh karena itu pilihlah destinasi wisata yang sesuai dengan karakter dan maksud liburan Anda.  Lakukan riset dengan baik dan berbicaralah dengan orang yang telah mengunjungi tempat tersebut sebelumnya untuk mendapatkan wawasan lebih lanjut.

Rekomendasi Tempat Wisata Terdekat dari Alun-Alun Tugu Malang

Berikut adalah rekomendasi tempat wisata dari Alun-Alun Tugu Malang:

1. Taman Wisata Trunojoyo

Rekomendasi Wisata Dekat Alun Alun Tugu Kota Malang - Taman wisata trunojoyo

Lokasi Jl. Trunojoyo, Klojen, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65111
Link Google Maps Taman Trunojoyo 
Telepon
Jam Operasional 24 Jam 
HTM Free
Jarak Tempuh 400 m dari alun-alun tugu melalui jalan kertanegara dan jalan Trunojoyo

Taman Wisata Trunojoyo, terletak di Jalan Trunojoyo, Kecamatan Klojen Kota Malang, sangat terjangkau dari stasiun Kota Malang. Ini menjadi lokasi yang sempurna untuk bersantai dengan pemandangan air mancur yang menambah pesona tempat ini. Daerah taman ini juga merupakan surganya kuliner dengan banyak pilihan makanan, menghilangkan kekhawatiran pengunjung yang tidak membawa bekal.

Pengunjung Taman Trunojoyo dapat menemukan berbagai tempat duduk yang tersedia di seluruh kawasan taman. Posisi tempat duduk ini sangat tepat, terletak di bawah rindangnya pohon-pohon besar yang memberikan teduh alami, memberikan kenyamanan dari teriknya matahari. 

2. Brawijaya Edupark

Rekomendasi Wisata Dekat Alun Alun Tugu Kota Malang - brawijaya edupark

Lokasi Jalan Kahuripan No.1, Klojen, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65119
Link Google Maps Brawijaya Edupark
Telepon (0341 ) 368111
Jam Operasional 08.00 – 16.00 WIB
HTM Rp 20.000 / orang 
Jarak Tempuh 1,3 km dari alun-alun tugu

Pesona pariwisata Kota Malang terus mengalir tak terputus, dengan setiap sudut menawarkan daya tarik unik yang sayang untuk dilewatkan oleh para pengunjung. Salah satu pilihan menarik untuk destinasi liburan adalah Brawijaya Edupark (BEP) Malang.

Dahulu dikenal sebagai Taman Senaputra, Saat ini Brawijaya Edupark dikelola oleh Kodam V Brawijaya. Tempat wisata ini terletak di Jalan Kahuripan No. 1 Klojen, Kota Malang, di sebelah belakang Rumah Sakit Dr. Saiful Anwar. Keunggulan utama lokasinya adalah kedekatannya dengan pusat pemerintahan dan alun-alun.

3. Monumen Juang

Rekomendasi Wisata Dekat Alun Alun Tugu Kota Malang - monumen juang

Lokasi Jl. Kertanegara, Klojen, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65111
Link Google Maps Monumen Juang
Telepon
Jam Operasional 24 Jam
HTM Free
Jarak Tempuh 257 m dari alun-alun tugu

Monumen Juang 45 yang berlokasi di Jalan Kertanegara, Kota Malang, Jawa Timur, mengandung nilai sejarah yang dalam. Monumen ini menjadi lambang semangat perlawanan rakyat Kota Malang dalam mempertahankan kemerdekaan dari tahun 1945 hingga 1949.

Terletak di depan Stasiun Kota Malang, monumen ini menampilkan gambaran seorang raksasa yang tergeletak, dengan beberapa pejuang berada di atasnya. Di sisi kanan dan kiri, terdapat pula patung rakyat yang terluka, mengangkat gerobak, dan bahkan seorang ibu yang menggendong anak. Menurut Agung Buana, seorang Pengamat Sejarah dan Budaya Kota Malang, raksasa tersebut melambangkan sosok “buto” yang mencerminkan masa penjajahan di Kota Malang.

4. Tempat Wisata Graha Tumapel

Rekomendasi Wisata Dekat Alun Alun Tugu Kota Malang - graha tumapel

Lokasi Jalan Tumapel No.1, Kiduldalem, Klojen, Kauman, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65119
Link Google Maps

Graha Tumapel

Telepon
Jam Operasional 24 Jam
HTM Rp5.000
Jarak Tempuh 160 m dari alun-alun tugu

Lokasi Graha Tumapel dapat ditemukan di Jl. Tumapel No. 1, dengan cara yang sangat mudah. Bangunan ini terletak bersebelahan dengan Gedung Balaikota Malang. Lebih tepatnya, jika Anda berdiri di depan Gedung Balai Kota Malang, Graha Tumapel akan terletak di sebelah kiri (barat) gedung tersebut. 

Jika Anda berencana mengunjungi Graha Tumapel, Anda memiliki pilihan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau memanfaatkan angkutan umum yang melintasi Alun-Alun Tugu atau Balai Kota Malang. Contoh angkutan umum yang bisa Anda pilih adalah angkot dengan rute ADL, AL, GA/HA, MK, dan MM. Lokasi Stasiun Kota Baru Malang juga berada cukup dekat dengan Graha Tumapel, sehingga Anda dapat dengan mudah bertanya kepada orang-orang di sekitar area tersebut untuk petunjuk menuju lokasi Graha Tumapel.

5. Tempat Wisata Kampung Tridi  

Rekomendasi Wisata Dekat Alun Alun Tugu Kota Malang - kampung tridi

Lokasi Jl. Temenggungan Ledok, Kesatrian, Kec. Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur 65121
Link Google Maps

Kampung Tridi

Telepon 081908401525
Jam Operasional 08.00 – 17.00 WIB
HTM Rp3.000
Jarak Tempuh 1 km dari alun-alun tugu

Mulai dari tanggal 3 September 2020, Kampung Tridi di Kota Malang, Jawa Timur, akan kembali dibuka untuk publik. Jika Anda merasa jenuh dan ingin merasakan suasana yang segar, Anda bisa mengunjungi Kampung Tridi untuk menikmati keindahan kampung berwarna-warni tersebut. Saat berada di sana, para pengunjung akan memiliki kesempatan untuk menikmati beragam lokasi yang sangat cocok untuk foto Instagram, sehingga Anda bisa menghasilkan konten yang menarik di akun sosial media Anda.

6. Tempat Wisata Kampung Putih 

Rekomendasi Wisata Dekat Alun Alun Tugu Kota Malang - kampung putih

Lokasi Jl. Jaksa Agung Suprapto, Klojen, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65112
Link Google Maps Wisata Kampung Putih 
Telepon 081336755757
Jam Operasional 06.00–11.00 WIB
HTM Free
Jarak Tempuh 1,1 km dari alun-alun tugu

Setelah sukses mentransformasi pemukiman-pemukiman di sepanjang Sungai Brantas, kini tercipta Kampung Warna Warni dan Kampung Tridi yang menawan dengan dimensi tiga dimensinya. Sebagai bagian dari komitmen sosial perusahaan, PT Inti Daya Guna Aneka Warna juga menjadi pelopor dalam menciptakan Kampung Putih melalui inisiatifnya.Kampung Putih menjadi daya tarik tambahan dalam rangkaian kampung tematis di Kota Malang, bersebelahan dengan pesona Kampung Tridi serta keindahan Kampung Warna Warni. Tempatnya mudah dicapai, terletak di RW 6, Jalan Jaksa Agung Suprapto, Kota Malang, yang berdekatan dengan Rumah Sakit Saiful Anwar. Selain transformasi fisik, proyek ini juga mengubah perilaku warga setempat, mendorong kebersihan dan mencegah daerah tersebut menjadi kumuh di sepanjang sungai. Jadi, jangan lewatkan kunjungan ke Kampung Putih di Klojen, Kota Malang.

 

Dengan begitu banyak pilihan menarik untuk dieksplorasi, tidak diragukan lagi bahwa Alun Alun Tugu Kota Malang adalah pusat dari sejumlah destinasi menarik. Baik Anda ingin merasakan sejarah kota, menikmati keindahan alam, atau menikmati hidangan lezat, semua itu dapat ditemukan dalam jarak singkat dari alun-alun ini. 

Jadi, jangan ragu untuk merencanakan perjalanan Anda dan menjelajahi pesona tak terlupakan yang ditawarkan oleh destinasi-destinasi menakjubkan di sekitarnya. Dengan begitu banyak hal untuk menikmati, liburan Anda di Kota Malang pasti akan menjadi pengalaman yang luar biasa dan memuaskan.

Didukung Oleh :

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *