about-logo
,

5 Sekolah Swasta Terbaik di Malang Jawa Timur (SD-SMA)

Malang, sebuah kota yang dikenal dengan udara sejuk dan pemandangannya yang indah, juga merupakan rumah bagi berbagai institusi pendidikan berkualitas. Bagi para orang tua yang ingin memberikan pendidikan terbaik bagi anak-anaknya, memilih sekolah yang tepat menjadi prioritas utama. Di Malang, banyak sekolah swasta yang menawarkan program pendidikan unggulan mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA). Dalam artikel ini, kami akan membahas lima sekolah swasta terbaik di Malang yang tidak hanya memiliki fasilitas lengkap, tetapi juga metode pengajaran yang inovatif serta prestasi akademik yang gemilang. Mari kita lihat sekolah-sekolah mana saja yang masuk dalam daftar ini dan apa yang membuat mereka istimewa.

1. Al-Ya’lu International Outlook School

Sekolah Berwawasan Internasional AL-YA’LU adalah lembaga pendidikan dasar Islam fullday yang didirikan pada tahun 2003. Dengan visi “Mencetak Generasi Unggul di Masa Depan”, AL-YA’LU berkomitmen untuk membekali peserta didiknya dengan karakter spiritual, sosial, pengetahuan, serta keterampilan. Sekolah ini menawarkan berbagai aktivitas yang dirancang untuk mengembangkan semua aspek kemampuan peserta didik.

AL-YA’LU dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang mendukung proses belajar mengajar, termasuk Audio Visual Teaching Aid di semua ruang belajar, laboratorium, perpustakaan, ruang pertemuan, kolam renang, dan arena bermain yang luas. Pembelajaran berbasis multimedia didukung oleh fasilitas lengkap dan layanan unggulan.

AL-YA’LU juga menerapkan sistem belajar fullday yang berlangsung dari pukul 07.00 hingga 15.00. Untuk jenjang Pra-TK dan TK, tersedia pilihan antara sistem part day (07.00 – 11.00) dan fullday (07.00 – 15.00). Dengan jadwal ini, anak-anak mendapatkan kesempatan belajar yang maksimal dengan tetap memperhatikan kebutuhan mereka akan waktu istirahat dan bermain.

Biaya Sekolah di Al-Ya’lu International Outlook School

Biaya pendidikan di SD Unggulan AL-YA’LU cukup bersaing dengan kualitas pendidikan yang ditawarkan. Rincian biayanya adalah sebagai berikut: Dana Pengembangan Pendidikan (DPP) sebesar Rp 18.500.000, Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) sebesar Rp 1.200.000 per bulan, Uang Buku Tahunan sebesar Rp 2.000.000, dan Biaya Pendaftaran sebesar Rp 400.000.
Sekolah AL-YA’LU berlokasi di Jl. Teluk Mandar No.055, Arjosari, Kec. Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur. Lokasi ini mudah diakses dan berada di lingkungan yang nyaman, membuatnya menjadi pilihan ideal bagi para orang tua yang mencari sekolah dengan lingkungan belajar yang kondusif.

2. SMP laboratorium UM

SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang, yang berdiri pada tahun 1990 dengan nama SMP IKIP Malang, berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Bhinneka Karya Unit Korpri IKIP Malang. Pada tahun 1996, yayasan ini berubah nama menjadi Yayasan Pendidikan IKIP Malang. Pada tahun ajaran 2005/2006, nama sekolah berubah menjadi SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang di bawah naungan Yayasan Pendidikan Universitas Negeri Malang (YPUM). Sejak tahun 2005/2006, sekolah ini menggunakan sistem modul dan akselerasi/percepatan, yang hingga kini masih berjalan meski ada sedikit kendala yang dialami oleh para siswa.

Fasilitas Sekolah SMP Laboratorium UM

SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang menawarkan berbagai fasilitas untuk mendukung proses belajar mengajar. Fasilitas-fasilitas tersebut meliputi ruang kelas yang nyaman, laboratorium IPA, laboratorium komputer, perpustakaan, dan fasilitas olahraga yang lengkap. Selain itu, sekolah ini juga memiliki ruang multimedia, ruang seni, dan aula untuk kegiatan ekstrakurikuler.

Sekolah ini juga memiliki berbagai prestasi yang membanggakan. Beberapa di antaranya adalah prestasi dalam bidang akademik, seperti juara dalam olimpiade sains dan matematika, serta prestasi di bidang non-akademik, seperti juara dalam kompetisi olahraga dan seni.

Biaya Sekolah di SMP Laboratorium UM

Untuk biaya pendidikan, SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang menetapkan biaya daftar ulang sejumlah Rp 7.500.000 untuk program reguler/inklusi, Rp 8.200.000 untuk program ICP, dan Rp 7.600.000 untuk program Tahfidz. Alamat sekolah ini berada di Jl. Simpang Bogor No.T-7, Sumbersari, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur. Dengan fasilitas yang lengkap, sistem pendidikan yang inovatif, dan berbagai prestasi yang diraih, SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang menjadi pilihan yang tepat.

3. SMP Brawijaya Smart School

SMP Brawijaya Smart School (SMP BSS) adalah sekolah formal menengah pertama yang berdiri di bawah naungan Universitas Brawijaya sejak tahun 1997. Awalnya bernama SMP Dharma Wanita Unibraw, sekolah ini berganti nama menjadi SMP BSS pada tanggal 9 November 2010 setelah pengelolaannya beralih dari Yayasan Dharma Wanita UNIBRAW ke Unit Pengelola Teknis (UPT) BSS UB, yang sekarang disebut Direktorat BSS UB. SMP BSS menggunakan Kurikulum 2013 secara utuh dalam kegiatan akademis dan non-akademis. Sekolah ini menerapkan sistem Full Day School dengan kegiatan akademis mulai pukul 6.45 hingga 15.30 atau seusai Salat Ashar.

Potensi non-akademis peserta didik juga diperhatikan di SMP BSS. Kegiatan organisasi di sekolah ini meliputi OSIS, MPK, dan SKI, sementara kegiatan ekstrakurikulernya mencakup 17 kegiatan yang wajib diikuti oleh siswa kelas 7 dan 8, seperti Futsal, Basket, Karate, Tari, Teater, Band, Jusatera, Drawing Club, ECC, Paduan Suara, KIR, dan PMR. SMP BSS juga memiliki berbagai prestasi, termasuk juara dalam kompetisi akademik dan non-akademik tingkat lokal dan nasional. Beberapa prestasi yang diraih antara lain juara dalam kompetisi sains, olahraga, dan seni, serta penghargaan dalam bidang kepemimpinan siswa dan kegiatan sosial.

Program unggulan di SMP BSS meliputi kegiatan religi seperti Smart Al-Quran bekerja sama dengan UMMI Foundation, Smart Bible, Smart Wedha, Pelayanan Rohani, serta Sholat Dhuha, Zuhur, dan Asar berjamaah. Ada juga program Homeroom Teacher di mana wali kelas tinggal di dalam kelas, serta kegiatan outbond, sinau wisata, bakti sosial, dan bela negara. Untuk peningkatan akademik, SMP BSS memiliki program Master Ace dan Bimbingan Intensif Siswa.

Biaya Sekolah di SMP Brawijaya Smart School

Biaya formulir pendaftaran di SMP BSS sebesar Rp 250.000. Alamat sekolah ini adalah Jl. Cipayung No. 8, Ketawanggede, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur.

4. SMAS Katolik Cor Jesu

SMAS Katolik Cor Jesu Malang adalah Sekolah Menengah Atas Katolik yang berlokasi di Kota Malang. Sekolah ini didirikan tanggal 15 Juli 1951 oleh para biarawati Ursulin. Awalnya, SMAS Katolik Cor Jesu hanya menerima siswa putri Bagian A (Bahasa) dan Bagian B (Ilmu Pasti). SMAS Katolik Cor Jesu Malang memiliki berbagai fasilitas yang mendukung proses belajar mengajar dan pengembangan diri siswa. Setiap ruang kelas dilengkapi dengan peralatan multimedia untuk pembelajaran yang modern dan interaktif.
Fasilitas Sekolah SMAS Katolik Cor Jesu

Terdapat juga beberapa laboratorium, seperti laboratorium biologi, fisika, kimia, dan komputer, yang lengkap dan modern. Perpustakaan sekolah dilengkapi dengan berbagai koleksi buku dan sumber belajar yang memadai. Aula sekolah digunakan untuk berbagai kegiatan seperti seminar, workshop, dan kegiatan ekstrakurikuler. Selain itu, tersedia ruang musik yang dilengkapi dengan berbagai alat musik untuk mendukung pengembangan bakat siswa dalam bidang seni musik. Sekolah ini juga memiliki lapangan olahraga untuk kegiatan seperti basket, voli, dan futsal. Fasilitas kesehatan juga disediakan dengan dilengkapi ruang kesehatan untuk memberikan pelayanan medis dasar bagi siswa yang membutuhkan.

Selain itu SMAS Katolik Cor Jesu juga menyediakan fasilitas asrama bagi siswa yang berasal dari luar kota atau yang ingin tinggal di lingkungan sekolah. Terdapat asrama putri dan asrama putra yang masing-masing dikelola dengan baik untuk memastikan kenyamanan dan keamanan para siswa.

Asrama Putri: Dikelola oleh suster Ursulin, asrama putri menyediakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi siswi. Asrama ini dilengkapi dengan kamar tidur yang bersih, ruang belajar, ruang makan, dan fasilitas pendukung lainnya.

Asrama Putra: Asrama putra juga menawarkan lingkungan yang nyaman dengan fasilitas serupa, termasuk kamar tidur, ruang belajar, dan ruang makan.

Biaya Sekolah di SMAS Katolik Cor Jesu

Untuk biaya pendaftaran di SMAS Katolik Cor Jesu, dikenakan biaya sebesar Rp 150.000. Informasi lebih lanjut mengenai biaya dan proses pendaftaran dapat dilihat di website resmi sekolah. Bagi yang tertarik untuk mendaftarkan di sekolah ini, alamat SMAS Katolik Cor Jesu terletak di Jl. Jaksa Agung Suprapto 55, Malang, Jawa Timur.

5. SMA Sabilillah Malang Boarding School Sistem Pesantren

SMA Islam Sabilillah Malang mengadopsi sistem boarding school seperti pesantren dengan kurikulum nasional plus (internasional). Mereka menerapkan pendekatan pembelajaran modern yang disebut Project Based Learning (PjBL), yang dikembangkan dengan sintak PAPER (Presenting, Analyzing, Planning, Executing, and Reporting). Tujuannya adalah untuk membekali peserta didik dengan keterampilan berpikir abad ke-21, seperti critical thinking, creative, collaborative, dan communicative. Sekolah ini juga terintegrasi dengan Ma’had, sehingga selain kemampuan akademik, siswa juga dibekali dengan aqidah yang kuat melalui pembelajaran Dirasah Islamiyah.

Prestasi siswa SMA Islam Sabilillah tidak hanya di bidang akademik, tetapi juga dalam berbagai kompetisi internasional, seperti International Mathematic Olympiad (IMC) di Singapura dan Thailand, serta Hong Kong International Mathematical Olympiad. Mereka juga berhasil meraih beasiswa pertukaran pemuda Asia ke Turki dan medali dalam berbagai kompetisi sains tingkat nasional.Fasilitas yang disediakan oleh SMA Sabilillah Malang mencakup ruang kelas yang nyaman, laboratorium, perpustakaan, ruang musik, lapangan olahraga, serta fasilitas kesehatan yang memadai.

Biaya Sekolah di SMA Sabilillah Malang Boarding School

Untuk biaya, sekolah menetapkan biaya administrasi sebesar Rp 500.000 dan uang pangkal sebesar Rp 10.000.000. Besaran SPP yang harus dibayar setiap bulannya adalah sebesar Rp 1.500.000. Alamat sekolah ini berada di Jl. Terusan Piranha Atas No.135, Tunjungsekar, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur. Dengan pendekatan pembelajaran yang inovatif, prestasi yang gemilang, fasilitas yang lengkap, serta biaya yang terjangkau, SMA Islam Sabilillah Malang menjadi salah satu pilihan yang tepat dengan berbagai fasilitas dan segudang prestasinya.

Dengan beragam pendekatan pembelajaran, prestasi gemilang, fasilitas modern, dan komitmen terhadap pendidikan holistik, kelima Sekolah Swasta Terbaik di Malang, Jawa Timur (SD-SMA), menjadi pilihan yang luar biasa bagi para orang tua yang menginginkan pendidikan terbaik untuk anak-anak mereka. Dari sistem boarding school hingga pendekatan pembelajaran inovatif, sekolah-sekolah ini menawarkan lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan siswa secara menyeluruh. Dengan demikian, dapat diharapkan bahwa generasi muda yang kelak akan muncul dari sekolah-sekolah ini akan menjadi pemimpin yang tangguh dan berkontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa.

 

 

Didukung Oleh :

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *