about-logo

Perbedaan Classpoint Pro dengan Classpoint Free

Di era digital ini, salah satu kemampuan yang harus dimiliki seorang guru adalah kemampuan untuk menciptakan pembelajaran yang menarik. Untuk dapat menciptakan pembelajaran yang menarik, guru dapat menggunakan aplikasi pendukung pembelajaran di dalam proses pembelajarannya. Saat ini sudah ada banyak aplikasi yang dapat digunakan guru untuk membuat konten pembelajaran yang menarik. Classpoint adalah salah satu aplikasi tersebut.

Classpoint adalah sebuah aplikasi yang dikembangkan dan didesain khusus bagi para guru untuk memudahkan pelajaran. Dengan memasang perangkat lunak tersebut pada komputer, seorang guru akan dapat membuat kuis pembelajaran yang interaktif sehingga pembelajaran jadi lebih menarik. ClassPoint tersambung langsung dengan Microsoft PowerPoint sehingga memudahkan para pengajar saat memberikan presentasi atau menjelaskan materi tertentu kepada para siswa. 

Classpoint memiliki banyak fitur. Salah satu fitur yang tersedia dalam ClassPoint, yakni membuat kuis dengan berbagai tipe pertanyaan. Seperti pilihan ganda, jawaban singkat, menggambar singkat, unggah gambar, hingga soal menggambar. Sehingga fitur ini cocok digunakan di berbagai mata pelajaran, mulai dari Matematika, Geografi, Ilmu Pengetahuan Alam dan lain sebagainya.

Classpoint dirancang dengan tiga fitur utama yaitu Digital Annotation, Slide Broadcasting, dan interactive quizzing.

Pertama, Digital Annotation. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menambahkan keterangan pada slide untuk menjelaskan konsep penting atau menguraikan ide Anda dengan lebih baik. Fitur ini berfungsi paling baik dengan perangkat keras seperti laptop layar sentuh atau papan tulis interaktif. Anda dapat menambahkan slide baru tanpa batas dengan cepat dan menggunakannya sebagai papan tulis.

Kedua, Slide Broadcasting. Fitur ini dapat mengajak siswa bergabung dengan presentasi Anda menggunakan kode kelas unik yang dibuat secara otomatis. Jumlah siswa yang tidak terbatas dapat terhubung dimanapun mereka berada hanya dengan menggunakan web browser. Setelah bergabung, mereka akan dapat mengikuti tayangan slide Anda, menerima anotasi yang diperbarui, dan menyimpan slide apa pun yang diperlukan. 

Ketiga, Interactive Quizzing. Fitur ini dapat mengirimkan tanggapan mereka atas pertanyaan yang Anda ajukan. Dengan alat kuis interaktif, Anda dapat dengan mudah mengubah slide apapun menjadi pertanyaan. Selama tayangan slide, ketika tombol pertanyaan di klik, setiap siswa akan terlibat dan mengirimkan jawaban mereka secara real time. Tanggapan yang dikumpulkan akan disimpan secara asli sebagai slide baru untuk diedit dan ditinjau lebih lanjut.

Untuk dapat menggunakan fitur-fitur di atas terdapat paket Classpoint yang harus Anda pilih yaitu Classpoint Free dan Classpoint Pro. Ketika Anda mulai, Anda akan berada di paket Free yang selamanya gratis. Tingkatkan ke paket PRO untuk mendapatkan lebih banyak fitur di ClassPoint.

Berikut Perbedaan Classpoint Free dan Classpoint Pro.


Classpoint Free

Paket ini gratis selamanya. Dengan menggunakan paket ini Anda tidak dikenakan biaya apapun. Fitur-fitur yang terdapat di paket ini yaitu : 

  1. 5 pertanyaan per PPT

Dengan fitur ini, peserta atau siswa hanya dapat memberikan 5 pertanyaan di setiap PPT.

  1. 25 ukuran kelas maks

Dengan fitur ini Anda dapat membuat maksimal 25 kelas dalam satu akun. 

  1. Semua jenis pertanyaan

Semua jenis pertanyaan tersedia di Classpoint.

  1. Papan Nilai

Papan Nilai merupakan tombol untuk menampilkan 6 posisi teratas siswa yang menjawab dengan cekatan dan tepat. Papan nilai berbentuk piala terdapat di toolbar ataupun di menu ClassPoint di PowerPoint. 

  1. Anotasi slide

Anotasi Slide merupakan coretan atau keterangan yang ditambahkan di dalam slide. Dengan digunakannya anotasi pada slide, akan menjadikan kegiatan belajar mengajar menjadi interaktif.

  1. Papan tulis digital

Papan tulis digital dalam Classpoint merupakan alat yang digunakan sebagai alat komunikasi guru dengan siswa. Papan tulis digital memungkinkan guru untuk menambahkan anotasi atau keterangan pada slide saat slide dipresentasikan. Sehingga Kegiatan Belajar mengajar menjadi interaktif.  

 

Classpoint Pro

Paket ini memiliki fitur-fitur yang lebih banyak daripada paket Classpoint Free. Untuk dapat menikmati semua fitur di atas Anda perlu membayar sebesar 8,9 Dollar atau sekitar 130 ribu rupiah untuk per bulannya. Fitur-fitur yang terdapat di paket ini yaitu : 

Semuanya yang ada di Classpoint Free, ditambah:

  1. Pertanyaan tak terbatas per PPT

Dengan fitur ini, peserta atau siswa dapat memberikan pertanyaan di setiap PPT sebanyak-banyaknya (tak terbatas). Jika Anda menggunakan paket Pro, tentunya kegiatan belajar mengajar akan menjadi lebih interaktif. Siswa akan senang dan nyaman menggunakan fitur ini.

  1. 200 ukuran kelas maks

Dengan fitur ini Anda dapat membuat maksimal 200 kelas dalam satu akun.

  1. Ekspor papan nilai sebagai CSV

Dengan fitur ini Anda dapat mengekspor atau mendownload papan nilai dalam bentuk CSV. File CSV adalah jenis file teks yang memiliki format khusus yang memungkinkan data disimpan dalam format tabel terstruktur.

Berdasarkan kualitas memang Classpoint Pro adalah yang terbaik. Paket Classpoint Pro merupakan pilihan paket terbaik bagi para guru yang memiliki kelas mengajar yang banyak dan mengharuskan untuk menggunakan fitur yang lebih banyak. Namun Jika Anda memang masih baru menggunakan dan masih cukup untuk fitur yang basic, Anda bisa menggunakan paket Classpoint Free.

Demikian pembahasan mengenai perbedaan paket Classpoint Free dan Classpoint Pro. Semoga bermanfaat. 

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on pocket
Share on whatsapp
Share on vk
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *