about-logo
,

Perbedaan Budaya dan Cara Masyarakat Berinteraksi di Berbagai Negara

Tahukah Anda apa itu perbedaan budaya? Perbedaan budaya merupakan perbedaan yang ada pada suatu masyarakat seperti agama, seni, adat istiadat, pakaian, bahasa, ras atau lainnya. Di Setiap negara tentunya memiliki budaya yang berbeda antara negara yang satu dengan lainnya. 

Hal ini membuat masyarakat terkadang kesulitan untuk berinteraksi karena keterbatasan pemahaman terhadap budaya negara lain. Namun dengan adanya perbedaan budaya bukan untuk menjadikan kita agar tidak saling mengenal. 

Melainkan untuk saling menghargai dan menghormati budaya lain, sekaligus untuk saling memberikan pemahaman satu sama lainnya.  Selain itu, manusia juga termasuk makhluk sosial yang pastinya akan membutuhkan bantuan dari manusia lainnya.

Dengan begitu akan terjadilah interaksi meskipun adanya perbedaan diantara mereka. Lalu, bagaimana cara masyarakat berinteraksi karena perbedaan budaya di berbagai negara? Yuk simak penjelasanya berikut.

 

Cara Berinteraksi dengan Orang Beda Negara 

1. Menumbuhkan Rasa Toleransi

Hal utama yang harus dilakukan untuk saling berinteraksi dengan menumbuhkan rasa toleransi pada diri Anda. Seperti saling membantu satu sama lain, tanpa harus membedakan agama, ras, golongan, dan suku.

Dengan melakukan sikap toleransi Anda dapat mengerti, menghargai, memahami, dan menerima adanya perbedaan budaya dengan negara lain atau bahkan daerah. Selain itu, tidak memaksakan orang lain untuk melakukan hal yang seperti Anda lakukan.

2. Belajar Bahasa Negara Lain

Selanjutnya Anda perlu menambah wawasan dengan belajar bahasa negara lain. Misalnya saja di sekolah diajarkan bahasa jepang atau inggris bukan hanya sekedar untuk menambah ilmu. 

Namun berguna juga untuk saling berinteraksi satu sama lain dan juga memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan lancar dan baik. Dengan begitu meskipun berbeda negara, bukan berarti kita tidak bisa saling mengerti.

Belajar bahasa negara lain tidak perlu terlalu memaksakan, cukup sesuaikan kebutuhan misalnya bahasa dasarnya saja seperti apa kabar, halo, terima kasih, minta tolong dalam bahasa lain.

3. Mengenal Etiket Negara Lain

Sebelum Anda berkomunikasi dengan orang yang berbeda negara pastikan sudah mencari tahu mengenai etiket orang tersebut. Misalnya berasal dari negara Jepang, cari tahulah budaya mereka itu seperti apa dan bagaimana.

Mungkin orang jepang saat baru kenal namun sudah diajak bicara mengenal hal pribadi seperti umur, mereka akan merasa tidak nyaman. Etiket ini cukup penting karena agar Anda bisa berkomunikasi dengan baik dan tidak takut menyinggung perasaan.

4. Jangan Menggunakan Slang Word

Jika ingin mencoba berbicara dengan orang yang berbeda negara, pastikan tidak menggunakan slang word atau bahasa yang tidak di mengerti seperti bahasa gaul. Karena bahasa gaul dapat membuat lawan bicara kebingungan karena tidak mengetahuinya.

Bahkan bisa membuat terjadinya kesalahpahaman antara kedua pihak, apalagi saat Anda berada di tempat kerja. Nantinya akan dianggap tidak sopan atau tidak profesional dalam bekerja.

5. Dapat Menghargai Budaya Lain

Selain Anda harus menghormati budaya negara lain, menghargai kebiasaan negara lain juga perlu diketahui. Seperti halnya negara kita, ketika bulan ramadhan banyak orang yang membuat makanan unik dan adanya buka bersama.

Mungkin saja orang lain tidak melakukan hal yang seperti Anda, maka jangan menuntutnya melakukan hal yang bertentangan dengan budayanya. Saling menghargai merupakan cara yang tepat untuk menjalin silaturahmi dan menjaga pertemanan lintas negara.

 

Manfaat Berinteraksi Antara Budaya

1. Dapat Menambah Pengetahuan

Mungkin manfaatnya berguna untuk diri sendiri, saat Anda berkomunikasi dengan orang beda negara dapat menambah pengetahuan karena saling belajar budayanya masing-masing.

2. Identitas Sosial

Ketika berkomunikasi mereka pasti akan berbicara mengenai identitas sosial, dengan cara menggunakan bahasa yang verbal atau non verbal. Dari percakapan itulah Anda dapat mengetahui orang tersebut berasal dari mana, agamanya, dan bisa juga pendidikannya.

3. Integritas Sosial

Pada saat berkomunikasi antar negara Anda harus memperlakukan mereka sesuai dengan kebudayaan yang dimiliki. Jangan samakan dengan budaya Anda yang dimiliki sehingga antara kedua pihak dapat memahami dengan cara menyesuaikannya.

 

Nah, itulah penjelasan yang dapat kami berikan mengenai perbedaan budaya dan cara berinteraksi di berbagai negara. Meskipun kita berbeda negara, tetaplah untuk saling berinteraksi dan saling menghargai agar bisa menjalin hubungan dengan baik. 

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on pocket
Share on whatsapp
Share on vk
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *