about-logo

Pengertian Payroll dan Manfaat bagi Perusahaan dan Karyawan

Bagi Anda yang memiliki perusahaan atau usaha tentu sudah tahu mengenai istilah payroll. Namun, sebagian orang khususnya untuk orang biasa sudah pernah mendengar istilah tersebut, akan tetapi begitu kurang memahami mengenai payroll.

Sebagai karyawan dan pemilik perusahaan tentu wajib untuk mengetahui dan memahami payroll ini. Untuk lebih memahami mengenai apa itu payroll dan manfaat payroll simak ulasan berikut ini terkait masalah tersebut.

Pengertian Payroll

Payroll merupakan suatu sistem pemberian upah atau gaji dalam kurun waktu tertentu dari perusahaan untuk semua karyawan. Dalam artian payroll adalah sistem pembayaran secara digital.

Tidak hanya itu aplikasi payroll juga dapat mempermudah para administrasi saat pembagian gaji para karyawan. Bagi perusahaan perusahaan yang berskala besar dan mempunyai banyak karyawan juga tidak akan kesulitan saat mengatur dan menghitung gaji dengan manual

Komponen Payroll

Dibawah ini adalah komponen sistem payroll yang bisa mempengaruhi jumlah gaji para karyawan.

1. Gaji pokok

Jumlah gaji pokok karyawan besarnya sesuai dengan kesepakatan dengan perusahaan. Jumlahnya disesuaikan dengan persetujuan penetapan dari pemerintah. Komponen yang paling utama wajib dimasukkan pada sistem payroll adalah gaji pokok.

2. Absensi Karyawan

Dalam penggajian karyawan absensi atau kehadiran adalah komponen yang terpenting dalam payroll. Besaran gaji sangat dipengaruhi oleh absensi misalnya tanpa keterangan atau izin. Sebaiknya karyawan memahami ini karena hal ini sesuai dengan peraturan di perusahaan.

3. Potongan gaji

Potongan gaji ini berlaku untuk karyawan yang memiliki pinjaman, denda atau investasi. Tidak hanya itu ketentuan lainnya seperti jaminan untuk kesehatan, jaminan di hari tua, jaminas kecelakaan kerja dan lain sebagainya. Potongan ini sesuai dalam peraturan pemerintah yang tergolong dalam pajak penghasilan.

4. Uang insentif atau lembur

Hal yang terbaik pada komponen payroll ini adalah uang lembur bagi karyawan yang sudah bekerja diluar pekerjaan. Uang lembur ini sesuai dengan aturan pemerintah. Dengan hal ini keduanya saling menguntungan dan adil.

5. Tunjangan dan bonus

Perusahaan akan memberikan bonus kepada karyawan yang dapat memenuhi target pada kesesuaian tertentu. Karyawan akan mendapat tunjangan sesuai dengan kesepakatan dengan perusahaan. Misalnya tunjangan anak dan istri, tunjangan hari hari dan lainnya.

Manfaat Payroll

Menggunakan payroll juga terdapat beberapa manfaat yang menguntungkan bagi para karyawan maupun untuk perusahaan. Mulai dari perusahaan yang berskala kecil hingga perusahaan yang berskala besar

1. Mengetahui rincian laporan gaji

Manfaat yang pertama yakni para karyawan dapat mengetahui lebih detail laporan gaji untuk tiap bulannya dari sistem payroll. Selain itu para karyawan juga dapat memahami slip gaji dengan mudah dari yang diterima perbulannya.

2. Menghemat waktu

Payroll ini digunakan para perusahaan untuk memudahkan dan mempercepat ketika pembagian upah kepada setiap karyawan. Tidak hanya dengan memberikan laporan dengan rinci payroll ini dapat menghemat waktu.

3. Membuat formulir pajak

Dengan adanya payroll perusahaan atau karyawan bisa memanfaatkan untuk membuat formulir pajak. Formulir ini tidak membutuhkan biaya dan pembuatannya bisa dikirimkan dan dicetak dengan pihak yang membutuhkan.

4. Dapat menghitung jumlah dan potongan gaji

Bagian administrasi tidak perlu repot lagi dengan menghitung secara manual karena payroll ini dapat menghitung secara detail jumlah dan potongan gaji ketika akan memberikan upah kepada setiap karyawan. Payroll ini akan menghitung gaji secara otomatis.

5. Secara otomatis menyimpan data

Ketika penggajian ini disimpan secara manual tentunya akan menyita banyak waktu, akan tetapi dengan sistem payroll dapat mempersingkat waktu karena semua data milik karyawan akan tersimpan secara otomatis dan tentu aman. Selain itu juga terdapat data lama yang sudah tersimpan.

6. Disesuaikan dengan kebutuhan

Tidak hanya itu, manfaat payroll yang lainnya ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Pengaturan ini disesuaikan dengan fitur perusahaan. Apabila perusahaan yang berskala besar maka fiturnya akan semakin banyak.

7. Pelayanan sendiri

Pelayanan sendiri atau self service adalah layanan yang mudah untuk diakses oleh diri mereka sendiri secara langsung. Misalnya waktu kerja, potongan gaji, jumlah gaji bonus dan lainnya. Fitur ini juga dapat digunakan karyawan untuk mengajukan suatu hal tanpa membuat surat izin.

Nah, itu lah pengertian dari payroll beserta manfaatnya. Semoga dapat memperluas pengetahuan dalam memahami payroll.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on pocket
Share on whatsapp
Share on vk
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *