about-logo

Pengaruh Globalisasi Terhadap Masyarakat di Berbagai Negara

Awal mula terbentuk kata globalisasi yaitu globalization yang mana global berarti dunia, sementara lization berarti proses. Munculnya proses globalisasi yaitu disebabkan karena tiga faktor meliputi perkembangan teknologi, ilmu pengetahuan dan komunikasi.

Secara umum, globalisasi merupakan sebuah integrasi internasional karena adanya pertukaran pandangan. Adapun, globalisasi menurut (KBBI) yaitu proses masuknya ke ruang lingkup dunia.

Pada dasarnya, globalisasi sendiri membawa pengaruh positif dan negatif yang mana globalisasi tersebut akan mendorong terkait perubahan dunia. Lalu apa saja pengaruh globalisasi terhadap masyarakat di berbagai negara? Berikut ini langsung saja kita simak untuk pengaruh-pengaruhnya, antara lain:

A. Pengaruh Positif

Berikut ini terdapat pengaruh positif dari globalisasi, antara lain:

1. Naiknya Tingkat Kehidupan

Peran penting dari globalisasi yaitu dapat mempermudah semua orang untuk memperkenalkan semua hal yang dinilai baik. Sehingga memungkinkan semua orang untuk berkembang dari segi manapun.

Selain itu, globalisasi juga dapat mempermudah seseorang untuk memasarkan produk mereka yang mana berasal dari dalam negeri. Oleh karena itu, sangat memungkinkan tiap tiap negeri bersaing dengan negara lain dalam pasar internasional.

2. Meningkatnya Teknologi dan Ilmu Pengetahuan

Dengan kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan, akan berpengaruh pada kehidupan sosial. Manfaat dari kemajuan ilmu pengetahuan contohnya yaitu ekonomi seseorang akan lebih efektif, produktif dan efisien yang mana mereka sudah mengetahui bagaimana cara mengelola dengan baik dan bagaimana cara mengembangkannya lagi.

Selain itu, manfaat dari kemajuan teknologi yaitu dapat memudahkan manusia ketika melakukan komunikasi, bertukar informasi serta transportasi menjadi sangat mudah.

3. Sikap dan Pola Pikir Meningkat

Peran globalisasi juga sangatlah berguna yaitu dapat mempengaruhi sikap dan kepribadian seseorang seperti pola pikir, tata krama yang baik, dan tingkah laku yang baik. Sebenarnya tidak ada salahnya meniru budaya negara mana pun boleh asalkan meniru sesuatu yang bernilai positif. Dengan mencoba menerapkan hal-hal yang baik, maka sikap dan kepribadian akan terus meningkat.

Selain itu globalisasi dapat memperbaiki pola pikir seseorang. Bagaimana tidak, bagi mereka yang gemar berinteraksi baik itu interaksi secara langsung maupun secara tidak langsung sangat memungkinkan perubahan pola pikir mereka. Hal tersebut bisa terjadi karena disebabkan munculnya perbedaan pandangan. Jadi globalisasi juga dapat memicu kepercayaan diri sendiri dan pola pikir bagaimana seseorang hidup di dunia.

 

B. Pengaruh Negatif

Selain memberikan pengaruh positif, globalisasi juga dapat memberikan pengaruh negatif, diantaranya yaitu:

1. Hilangnya Budaya Asli

Tiap-tiap negara tentu mempunyai budaya sendiri, namun adanya globalisasi justru membawa pengaruh buruk yaitu hilangnya budaya asli dalam negeri. Hal ini dikarenakan arus globalisasi sangatlah deras sehingga membuat sebagian seseorang terkena pengaruh.

Sebagai contoh, mereka mengikuti bangsa lain dalam berpakaian, padahal sebelumnya negara itu sendiri telah menganjurkan untuk berpakaian yang semestinya atau sopan. Adapun ketika bertemu orang yang lebih tua yang awalnya mencium tangan atau memberikan salam, namun kini sudah diganti yaitu dengan mencium pipi.

2. Berubahnya Gaya Hidup

Pengaruh negatif selanjutnya yaitu globalisasi dapat merubah gaya hidup seseorang. Contohnya yaitu memicu seseorang untuk hedonisme, konsumtif, individualisme, sekuler dan masih banyak lagi. Dari hal tersebut tentu akan merugikan diri sendiri maupun orang yang dekat dengannya.

3. Sikap dan Pola Pikir Menurun

Tak hanya meningkatkan sikap dan pola pikir seseorang, melainkan pengaruh globalisasi juga dapat menurunkan sikap dan pola pikir seseorang. Hal ini dikarenakan tidak semua orang hanya meniru hal-hal yang baik, namun ada sebagian orang justru meniru hal-hal yang buruk.

Demikianlah ulasan yang membahas terkait pengaruh terhadap masyarakat di berbagai negara. Pada dasarnya globalisasi dapat memberikan dua kemungkinan yaitu membawa pengaruh positif dan negatif. Itu artinya tergantung pada diri kita sendiri yang kita perlu menyaring atau menyeleksi terhadap pengaruh dari globalisasi yang masuk baik itu dari bidang ekonomi, ideologi, sosial budaya, politik maupun bidang lainnya. Dengan menerapkan hal yang dinilai baik dan membuang hal yang dinilai buruk, maka pengaruh globalisasi akan berguna bagi semua orang.

Didukung Oleh :

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *