about-logo
,

Pendidikan Karakter: Mengembangkan Kemampuan Anak di Era Digital

Era digital merupakan suatu masa dimana seseorang dapat memperoleh informasi dengan mudah dan cepat. Sebab, di era digital ini sudah banyak teknologi yang canggih sehingga semua orang dapat dengan mudah mengaksesnya. Dari hal tersebut, tentu saja mempunyai dampak positif dan negatifnya. Akan tetapi, itu semua tergantung pada diri mereka sendiri yaitu bagaimana cara mengelola informasi yang mereka dapatkan melalui teknologi tersebut.

Namun sayangnya, kini masih banyak orang yang menyalahgunakan teknologi seperti menyebarluaskan berita hoax, menciptakan konten yang dapat merusak moral anak-anak bangsa dan lain sebagainya. Oleh karena itu, perlu dilakukan pencegahan dengan cara memberikan bimbingan kepada mereka supaya dapat menyaring segala informasi yang muncul.

Bimbingan tersebut dikenal dengan nama pendidikan karakter. Pendidikan inilah yang akan mengajarkan kepada mereka tentang bagaimana hidup di era digital ini. Pendidikan ini tidak hanya diberikan ketika berada disekolah saja, namun juga perlu diberikan di rumah, di lingkungan masyarakat, agar dampak negatif bisa terus diminimalisir.

Agar Anda semakin paham, maka simaklah ulasan berikut ini tentang pendidikan karakter demi mengembangkan kemampuan anak di era digital.

 

A. Pengertian dan Fungsi dari Pendidikan Karakter

Pendidikan karakter yaitu suatu upaya untuk mengembangkan kemampuan dan kepribadian seseorang, baik cara berpikir maupun pola perilakunya. Pendidikan karakter sangatlah penting, sebab pendidikan karakter menjadi salah satu tujuan bangsa Indonesia yaitu untuk mencerdaskan kehidupan bangsanya.

Kini, teknologi sudah serba canggih, tentu penerus bangsa bisa dikatakan sebagai seseorang yang berkarakter apabila orang tersebut mampu mengaplikasikan dengan sebaik-baiknya. Maka dari itu, perlunya memberikan  pendidikan terutama tentang teknologi guna menguasai kemampuan ilmu-ilmu yang ada di era digital ini.

Dengan memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran, tentu akan mempermudah ketika mengerjakan tugas-tugasnya, baik itu anak-anak, remaja maupun orang dewasa sekalipun. Contoh pemanfaatan teknologi yaitu sebagai alat untuk mencari sumber pembelajaran, untuk berdiskusi dengan temannya maupun pembingbingnya berupa zoom dan lainnya.

Adapun fungsi utama dari pendidikan karakter, antara lain:

  • Sebagai pengembangan

Yaitu pendidikan karakter ini berfungsi agar seseorang bisa berkembang  dengan bimbingan perilaku yang positif.

  • Sebagai perbaikan

Yaitu pendidikan karakter ini berfungsi agar seseorang bisa memperbaiki hal-hal buruk yang sebelumnya menjadi kebiasaan. 

  • Sebagai penyaring

Yaitu pendidikan karakter ini berfungsi agar seseorang mampu membedakan mana hal-hal yang bersifat positif dan mana hal-hal yang bersifat negatif.

 

B. Tujuan dari Pendidikan Karakter

Pendidikan karakter tentunya mempunyai alasan tersendiri guna membangun pribadi yang lebih baik. Berikut ini terdapat beberapa tujuannya dibentuknya pendidikan karakter, antara lain:

  1. Membentuk pola pikir secara rasional.
  2. Bertanggung jawab ketika melakukan kesalahan.
  3. Mengembangkan sikap yang positif dan patuh terhadap norma.
  4. Membentuk mental optimis.
  5. Membangun sifat yang penyayang, mandiri, adil, jujur dan dewasa.
  6. Mencegah adanya ideologi yang bisa merusak moral seseorang.
  7. Membangun sikap pantang menyerah.
  8. Dapat menyaring segala informasi yang masuk.

 

C. Makna dari Pendidikan Karakter

Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa pendidikan sangatlah penting bagi semua orang. Maka dari itu, perlunya mempelajari dengan lebih giat lagi. Memang, gelar pendidikan tidak dapat memastikan bahwa orang tersebut akan sukses dimasa depan. Maka dari itu, perlunya pendidikan karakter agar seseorang tidak mudah menyerah dalam menghadapi segala kesulitan serta mau berpikir kritis untuk mencari solusinya.

Namun, sebagian besar orang belum menyadari bahwa pendidikan karakter ini penting untukdiri mereka. Padahal, jika pendidikan karakter dilaksanakan dan diterapkan, hal tersebut dapat membantu menyikapi segala kesulitan mereka di masa mendatang. Nah, ketika seseorang sudah dapat menyikapi kesulitan tersebut, kemungkinan besar orang tersebut dapat meraih kesuksesan.

 

Demikianlah ulasan yang membahas tentang pendidikan karakter demi mengembangkan kemampuan anak di era digital. Dapat kita simpulkan bahwa pendidikan ini wajib diikuti oleh seluruh masyarakat  terutama untuk anak-anak yang masih berusia sangat muda. Sebab, pendidikan karakter sangatlah penting untuk diri mereka sendiri. Dengan begitu, anak-anak bangsa akan semakin berkualitas dan berkarakter.

 

Didukung Oleh :

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *