about-logo

Kisi-Kisi Seleksi Tes PPG Tahun 2022-2013 untuk Guru PGSD

Mempelajari kisi-kisi materi tes seleksi PPG Tahun 2022 untuk guru PGSD sangat penting dilakukan oleh para peserta. Hal itu karena kisi-kisi materi ini dapat membantu peserta guna memperdalam materi seleksi PPG Tahun 2022. 

Bagi Anda peserta seleksi PPG khususnya seleksi PPG guru PGSD, maka Anda perlu memperhatikan pembahasan di bawah ini. Berikut terdapat beberapa kisi-kisi materi tes seleksi PPG tahun 2022 untuk guru PGSD :

  1. Materi Tentang Teori Perkembangan Peserta Didik

Pada materi teori perkembangan peserta didik terdapat sub materi yang terdiri dari teori psikoanalisis, kognitif, perilaku dan belajar sosial, etologis, dan ekologis. Dengan indikator yang mencakup penyajian narasi mengenai teori perkembangan peserta didik yang diterapkan dalam PBM, peserta dapat menentukan teori dan menganalisis teori mana yang sesuai.

  1. Materi Teori Belajar dan Aplikasinya Dalam Pembelajaran di SD

Pada materi teori belajar dan aplikasi dalam pembelajaran SD terdapat sub materi yang terdiri dari teori belajar behavioristik konstruktivistik, sosial, dan teori belajar kognitif. Dengan indikator yang mencakup penyajian narasi PBM dengan kegiatan pembelajaran yang berhubungan dengan teori belajar, peserta bisa menganalisis teori belajar mana yang sesuai.

  1. Materi Tentang Penilaian dan Analisis Hasil Belajar Dengan Menerapkan Penilaian Otentik

Pada materi penilaian dan analisis hasil belajar dengan menerapkan penilaian otentik terdapat sub materi yang terdiri dari penilaian otentik, penilaian sikap, penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan. Dengan indikator yang mencakup penyajian narasi mengenai kompetensi dasar penilaian dan analisis hasil belajar, peserta dapat menentukan alat penilaian dan menganalisis hasil belajar guna membantu peserta didik menguasai kompetensi.

  1. Materi Kompetensi Pedagogik Profesi Guru dan Aplikasinya Dalam Pembelajaran di SD

Pada materi kompetensi pedagogik profesi guru dan aplikasinya dalam pembelajaran di SD terdapat sub materi yang terdiri dari penguasaan karakteristik peserta didik, penguasaan teori belajar dan prinsip pembelajaran yang mendidik. Dengan indikator yang mencakup penyajian narasi mengenai kompetensi pedagogik profesi guru, peserta bisa menganalisis teori belajar dan prinsip pembelajaran yang mendidik guna membantu menguasai kompetensi tersebut

  1. Kisi-kisi Materi Mengenai Karakteristik Pembelajaran Abad 21

Pada materi karakteristik pembelajaran abad 21 terdapat sub materi yang berupa karakteristik guru dan siswa abad 21 atau peran teknologi dan media dalam pembelajaran abad 21. Dengan indikator yang mencakup penyajian narasi mengenai karakteristik pembelajaran abad 21, peserta mampu menganalisis karakteristik guru dan siswa abad 21 guna membantu menguasai kompetensi tersebut.

  1. Kisi-kisi Materi Mengenai Penguatan Pendidikan Karakter

Pada materi penguatan pendidikan karakter terdapat sub materi yang terdiri dari nilai utama atau religiositas, nasionalisme, kemandirian, gotong royong, dan Integritas. Dengan indikator yang mencakup penyajian mengenai pembelajaran di kelas, peserta mampu mengidentifikasi nilai karakter yang tersirat dalam kegiatan pembelajaran.

  1. Materi Persyaratan, Kualifikasi, dan Kompetensi Guru SD Profesional

Pada materi persyaratan, kualifikasi, dan kompetensi guru SD profesional terdapat sub materi yang terdiri dari persyaratan, kualifikasi dan kompetensi guru profesional. Dengan indikator yang mencakup penyajian narasi mengenai kompetensi guru SD profesional, peserta mampu menganalisis persyaratan, kualifikasi, dan kompetensi guru SD yang profesional.

  1. Materi Regulasi Terkait Dengan Profesi Guru

Pada materi regulasi terkait dengan profesi guru terdapat sub materi berupa regulasi terkait dengan profesi guru. Dengan indikator yang mencakup penyajian materi mengenai regulasi profesi guru, peserta mampu melakukan analisis pada kebijakan nasional dan regulasi tentang guru profesional.

  1. Materi Etika Profesi Guru

Pada materi etika profesi guru terdapat sub materi berupa etika profesi guru. Dengan indikator yang mencakup pemberian sebuah kasus etika profesi guru, peserta mampu mengenali dan memahami sanksi pelanggaran kode etik guru.

  1. Materi Ragam Teks

Pada materi ragam teks terdapat sub materi yang terdiri dari teks faktual, teks tanggapan, teks cerita, dan teks normatif. Dengan indikator yang mencakup penyajian sejumlah ragam teks, peserta mampu menganalisis jenis teks yang disajikan.

  1. Materi Satuan Bahasa

Pada materi satuan bahasa terdapat sub materi yang terdiri dari kata, kalimat, dan paragraf. Dengan indikator yang mencakup penyajian teks satuan bahasa tertentu diharapkan peserta dapat menganalisis paragraf yang memenuhi persyaratan paragraf secara baik, mampu menganalisis satuan bahasa secara tepat, dan dapat menganalisis struktur kalimat secara efektif.

  1. Materi Teks Fiksi

Pada materi teks fiksi terdapat sub materi yang terdiri dari struktur, fungsi, dan kaidah kebahasaan. Dengan indikator yang mencakup penyajian teks fiksi, peserta mampu menggunakan struktur, jenis, dan kaidah terhadap teks fiksi.

  1. Materi Teks Nonfiksi

Berdasarkan referensi dari immaku.com, Pada materi teks nonfiksi terdapat sub materi yang terdiri dari struktur, fungsi, dan kaidah kebahasaan. Dengan indikator yang mencakup penyajian teks puisi atau cerita tertentu, peserta mampu menganalisis struktur, jenis, dan kaidah berdasarkan teks nonfiksi yang disajikan.

  1. Materi Karya Sastra dan Teori Sastra

Pada materi karya sastra dan teori sastra terdapat sub materi yang terdiri dari karya sastra (puisi atau pantun, fabel atau cerita rakyat atau cerita anak), dan teori sastra (struktur puisi, struktur prosa atau cerita). Dengan indikator yang mencakup penyajian teks cerita yang diharapkan peserta mampu menganalisis struktur atau unsur dan makna cerita yang disajikan, penyajian narasi mengenai kompetensi dasar struktur puisi atau cerita dengan karakteristik konteks lingkungan sekolah tertentu yang diharapkan peserta mampu menganalisis tujuan, bahan ajar, sumber belajar, media, dan perangkat penilaian secara tepat, penyajian teks puisi tertentu yang diharapkan peserta mampu menganalisis makna puisi sesuai dengan isi puisi atau cerita, dan penyajian narasi mengenai kompetensi dasar menulis puisi atau cerita dengan tema tertentu berdasarkan konteks lingkungan tertentu yang diharapkan peserta mampu menganalisis tujuan, bahan ajar, sumber belajar, media, dan alat perangkat penilaian dengan baik.

Untuk informasi lebih lengkap terkait pendidikan, bisa kunjungi : https://immaku.com

 

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on pocket
Share on whatsapp
Share on vk
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.