about-logo

5 Kampus S2 Jurusan Kehutanan Terbaik di Indonesia

Kehutanan adalah bidang studi yang penting dalam menjaga keberlanjutan lingkungan dan kekayaan alam Indonesia. Bagi Anda yang ingin mendalami lebih dalam tentang manajemen hutan, konservasi sumber daya alam, dan pengelolaan ekosistem, melanjutkan studi ke tingkat S2 adalah langkah yang tepat. Di Indonesia, terdapat kampus terkemuka yang menawarkan program S2 dalam jurusan kehutanan dengan berbagai spesialisasi dan keunggulan masing-masing.

Rekomendasi Kampus S2 Jurusan Kehutanan Terbaik

Memilih kampus untuk melanjutkan studi S2 dalam jurusan kehutanan merupakan langkah penting untuk Anda yang berminat dalam menjaga keberlanjutan sumber daya alam dan ekosistem. Berikut rekomendasi kampus S2 jurusan kehutanan terbaik:

1. S2 Jurusan Kehutanan Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada (UGM) adalah universitas terbaik di Indonesia yang terletak di Yogyakarta. Didirikan pada tahun 1949, UGM telah lama menjadi pusat keunggulan dalam pendidikan, riset, dan pengabdian kepada masyarakat. Sebagai universitas tertua dan terbesar di Indonesia, UGM dikenal karena komitmen kuatnya terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkelanjutan.

Memberikan pengetahuan yang luas bagi para mahasiswa untuk mengembangkan pendidikan adalah tujuan utama dari UGM, dengan menawarkan prodi yang berkualitas seperti S2 jurusan kehutanan dan telah terakreditasi unggul, Anda diharapkan mampu mengembangkan ilmu pengetahuan. 

Selain memberikan prodi yang berkualitas UGM juga menyediakan fasilitas terbaik seperti memberikan sarana transportasi, lapangan tenis, hingga perpustakaan pusat UGM telah menciptakan lingkungan yang akan meningkatkan kualitas pendidikan bagi mahasiswa. 

2. S2 Jurusan Kehutanan Universitas Hasanuddin

Universitas Hasanuddin (UNHAS), yang berlokasi di Makassar, Sulawesi Selatan, adalah universitas unggulan di Indonesia. Didirikan pada tahun 1956, UNHAS telah memainkan peran penting dalam mengembangkan pendidikan tinggi di wilayah Indonesia yang kaya akan keanekaragaman hayati.

Menjadi lembaga pendidikan yang selalu meluluskan mahasiswa terbaik Universitas Hasanuddin telah menyediakan prodi unggulan dan juga terakreditasi, salah satu prodi yang telah terakreditasi unggul yaitu prodi S2 jurusan kehutanan. UNHAS menyediakan prodi S2 jurusan kehutanan bertujuan untuk menjaga, mengelola, dan melestarikan sumber daya alam.

Para mahasiswa Universitas Hasanuddin juga sudah meraih prestasi terbaik yang membuat Universitas Hasanuddin menjadi universitas ternama, prestasi yang telah diraih mahasiswa Universitas Hasanuddin yaitu juara satu Debat Perekonomian Sulsel.

3. S2 Jurusan Kehutanan Universitas Tanjungpura

Universitas Tanjungpura (UNTAN), yang berlokasi di Pontianak, Kalimantan Barat, adalah kampus terkemuka di Indonesia yang menawarkan program studi S2 jurusan kehutanan yang berfokus pada keanekaragaman hayati hutan tropis basah. Didirikan pada tahun 1959, UNTAN telah menjadi pusat pendidikan tinggi yang berperan penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya dalam bidang kehutanan.

Program studi S2 jurusan kehutanan yang ada di UNTAN dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai pengelolaan hutan tropis basah dan konservasi habitat satwa liar. Anda tidak hanya akan dibekali dengan pengetahuan teoritis yang kuat, tetapi juga mendapatkan pengalaman praktis melalui berbagai kegiatan lapangan dan penelitian.

Untuk mewujudkan prestasi yang gemilang Universitas Tanjungpura telah menyediakan struktur organisasi untuk para mahasiswa menumbuh kembangkan ilmu pendidikan. Dengan menciptakan struktur organisasi yang lengkap Universitas Tanjungpura terbukti mampu memberikan pendidikan terbaik.

4. S2 Jurusan Kehutanan Universitas Sumatera Utara

Universitas Sumatera Utara (USU), yang berlokasi di Medan, Sumatera Utara, adalah universitas unggulan di Indonesia. Telah berdiri pada tahun 1952, USU telah lama menjadi pusat pendidikan tinggi yang berperan penting dalam menghasilkan mahasiswa unggulan.

Menjadi salah satu kampus unggulan di Indonesia, Universitas Sumatera Utara memastikan bahwa mahasiswa selalu diberikan pendidikan yang terbaik. Universitas Sumatera Utara telah menyediakan prodi S2 yang telah terakreditasi unggul dan salah satunya yaitu prodi S2 jurusan kehutanan.

Dengan menyediakan prodi S2 jurusan kehutanan unggulan USU telah berhasil memberikan pendidikan terbaik bagi setiap mahasiswa di bidang kehutanan. Selain menyediakan prodi unggulan Universitas Sumatera Utara juga memberikan fasilitas yang baik, fasilitas yang diberikan yakni pusat bahasa, perpustakaan, hingga bus lintas.

5. S2 Jurusan Kehutanan Universitas Lampung

Universitas Lampung (Unila), yang terletak di Bandar Lampung, merupakan lembaga pendidikan yang terkemuka di Indonesia. Didirikan pada tahun 1965, Unila telah memainkan peran penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta kontribusi terhadap pembangunan masyarakat di wilayah Lampung dan sekitarnya.

Universitas Lampung telah menawarkan prodi unggulan, prodi S2 jurusan kehutanan menjadi prodi terbaik karena telah terakreditasi unggul. Adanya prodi S2 jurusan kehutanan mahasiswa mampu mengembangkan pendidikan di bidang kehutanan untuk melestarikan hutan hijau yang ada di Indonesia.

Mahasiswa Universitas Lampung telah mencapai berbagai prestasi gemilang dengan menjuarai 375 prestasi nasional maupun internasional. Prestasi tersebut menjadikan Universitas Lampung selalu diminati banyak mahasiswa dan calon mahasiswa.

Apa saja yang dipelajari di Jurusan Kehutanan

Para mahasiswa di jurusan ini akan belajar mengenai berbagai aspek yang terkait dengan ekosistem hutan, mulai dari ekologi hutan yang mencakup struktur, komposisi, dan fungsi ekosistem hutan, hingga teknik-teknik pengelolaan hutan yang bertujuan untuk menjaga keberlanjutan sumber daya alam.

Jurusan kehutanan menawarkan mata kuliah yang akan dipelajari, Anda akan mempelajari mengenai keanekaragaman hayati, konservasi lingkungan, sampai pengembangan hutan. Dengan mempelajari materi kuliah Anda mampu melestarikan hutan, hal tersebut dapat menjadikan Indonesia lebih asri akan pohonya yang hijau.

Biaya Kuliah S2 Jurusan Kehutanan

Menjadi seorang ahli di bidang kehutanan tingkat pascasarjana S2 membutuhkan biaya pendidikan yang komprehensif dan mendalam. Biaya kuliah untuk prodi S2 jurusan kehutanan dapat bervariasi tergantung pada setiap universitas mulai dari Universitas Gajah Mada hingga Universitas Lampung. Berikut biaya yang harus di pahami Anda untuk kuliah S2 jurusan kehutanan terbaik di Indonesia:

Nama Kampus

Biaya Kuliah

Nama Jurusan

Universitas Gadjah Mada UKT Rp 9.000.000 per semester

Biaya matrikulasi  

Rp 400.000 per SKS

S2 Jurusan Kehutanan
Universitas Hasanuddin Biaya pendaftaran 

Rp 125.000

SPP Rp 1.500.000 per semester

S2 Jurusan Kehutanan
Universitas Tanjungpura  UKT 2.500.000 per semester S2 Jurusan Kehutanan
Universitas Sumatera Utara Biaya pendaftaran 

Rp 750.00

DKA Rp 7.000.000 

SPP Rp 8.000.000 per semester

S2 Jurusan Kehutanan
Universitas Lampung UKT Rp 7.500.000 per semester S2 Jurusan Kehutanan

Memilih kampus untuk melanjutkan studi S2 dalam jurusan kehutanan adalah langkah penting menuju karir yang berpengaruh dalam pelestarian sumber daya alam. Kelima kampus terbaik di Indonesia yang telah dibahas tidak hanya menawarkan pendidikan yang berkualitas tinggi untuk Anda, tetapi juga menyediakan lingkungan yang mendukung untuk pengembangan keahlian dan penelitian dalam bidang kehutanan.

 

Didukung Oleh :

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *