about-logo

Ini Dia Tujuan dan Alasan Mengapa Kita Harus Bekerja

Seiring dengan perkembagan Sumber Daya Manusia, semakin banyak persaingan individu untuk mendapatkan pekerjaan yang terbaik. Selain itu Perusahaan juga belomba dengan mencari karyawan terbaik dengan cara pasang iklan lowongan kerja gratis pada sebuah situs internet.

Bekerja adalah seseorang yang melakukan kegiatan yang memiliki tujuan tertentu. Salah satunya untuk melanjutkan kehidupan sehari hari kita. Pada umumnya bekerja memiliki tujuan untuk mendapatkan penghasilan.

Ketika seseorang yang telah selesai pendidikan sekolahnya, maka seseorang tersebut tentunya akan memilih kehidupan yang baru dengan melamar kerja di berbagai perusahaan atau melanjutkan kuliah serta ada yang membuat lapangan kerja sendiri.

Namun, sebelum Anda memilih untuk bekerja apakah pernah terpikirkan apa yang menjadi tujuan atau pun alasan mengapa kita bekerja atau berkarir. Bekerja sendiri juga dapat mempengaruhi karir Anda di masa depan. Nah, untuk mengetahui apa saja tujuan bekerja, mari sedikit kita ulas tujuan bekerja.

1. Bekerja untuk Mendapatkan Penghasilan

Salah satu tujuan bekerja yang paling penting yakni mendapatkan penghasilan untuk menjalani di kehidupan yang layak. Besaran atau nominal gaji dari yang didapatkan itu sesuai pada kemampuan pada masing masing orang.

Dari hasil kerja yang didapatkan tentunya akan membeli kebutuhan pokok agar terpenuhi. Misalnya untuk membeli beras, membayar listrik serta untuk membeli kebutuhan yang lain dari keinginan diri sendiri, orang orang yang kita sayang atau keluarga.

2. Bekerja dapat Menambah Pengalaman

Tidak hanya untuk mendapatkan penghasilan saja melainkan dari sebagian semua orang yang bekerja bertujuan untuk menambah pengalaman baru. Orang orang yang bekerja selain berfokus mendapatkan penghasilan mereka juga akan meminta pekerjaan tambahan.

Maka dari itu pengalaman tersebut akan dicantumkan pada CV untuk mendukung pada karir yang selanjutnya. Misalnya pengalaman saat memimpin pada suatu project yang memberi nilai nilai yang positif, sehingga mencapai pekerjaan yang terbaik.

3. Kebutuhan Sosial dapat Terpenuhi

Selain itu bekerja juga dapat memenuhi kebutuhan sosial. Seseorang yang memiliki tujuan ini akan beranggapan relasi kerja merupakan investasi di masa depan dalam jangka panjang.

Karyawan ini biasanya akan lebih senang ketika menjalin hubungan bersama rekan kerja yang lain dengan baik dari berbagai latar belakang yang setiap orang miliki berbeda beda.

4. Bekerja untuk Ibadah

Kemungkinan besar dari sebagian orang beranggapan bekerja dengan tujuan untuk ibadah. Karena hal ini bekerja merupakan bagian perintah dari Tuhan. Setiap pekerjaan yang Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis pada perusahan akan bernilai ibadah dan berkah

5. Bekerja untuk Mencari Pengakuan Diri

Dengan bekerja kita akan mendapatkan identitas dan karakter pada diri kita melalui atas kemampuanya. Ketika bekerja akan merasakan kepuasan diri dan rekan kerja yang lainnya juga akan menghargai atas hasil kerja Anda.

6. Passion dapat Terpenuhi

Tujuan bekerja yang selanjutnya yakni untuk memenuhi passion. Ketika melakukan sesuatu yang disukai maka semua akan lebih mudah. Seseorang yang bekerja dengan tujuan ini akan membuat karya bernilai tinggi, sehingga mereka akan merasa puas tersendiri yang tidak dapat dirasakan orang lain.

7. Untuk Mencari Modal untuk Usaha

Modal adalah dana untuk membuka usaha baru. Maka ada beberapa orang bekerja bertujuan untuk mencari modal untuk usaha. Anda bisa mencari kerja dalam jangka waktu yang pendek untuk mendapatkan penghasilan yang sesuai dengan kemampuan Anda.

Selain untuk mendapatkan modal juga Anda dapat memahami dan mendapat bekal pelatihan dalam bisnis dari tempat kerja Anda untuk membangun sebuah usaha yang baru.

8. Bekerja dapat Meningkatkan Karir atau Jabatan

Tujuan kerja yang terakhir yakni dapat meningkatkan karir atau jabatan. Tentunya setiap karyawan memiliki ambisi saat mengejar karir atau jabatan. Pada dasarnya ketika pertama kali bekerja akan menjadi staff, kemudian akan meningkatkan menjadi posisi dengan lebih baik.

Seiring berjalannya waktu, karyawan yang mempunyai skill atau kemampuan akan bertambah sehingga dapat dipercaya untuk dijadikan sebagai manajer. Maka dari itu sebagian karyawan akan memaksimalkan dan lebih aktif saat bekerja untuk mendapat peningkatan pada karir.

Demikian ulasan mengenai tujuan atau alasan mengapa kita harus bekerja. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda yang belum bekerja serta bagi yang bekerja untuk lebih memantapkan lagi agar dapat meningkatkan daya kemampuannya di dunia kerja.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on pocket
Share on whatsapp
Share on vk
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *