Dapatkan NilaI Terbaik Dengan Memahami Rumus Matematika Yang Sering Dipakai

Bagi sebagian orang pelajaran matematika adalah pelajaran yang menyenangkan. Karena membuatnya merasa tertantang untuk menyelesaikan segala pertanyaan yang ada dengan menggunakan rumus-rumus tertentu. Contohnya, ketika kamu menjawab soal dan ternyata jawabannya benar, pasti kamu akan merasa senang karena bisa memecahkan satu soal matematika.

Tetapi dibalik itu, pasti ada orang yang tidak suka dengan pelajaran matematika, apakah kamu termasuk contohnya?. Mereka tidak menyukai matematika karena matematika merupakan pelajaran yang sulit dimengerti. Dan jika sudah sulit untuk dimengerti, pasti menjawab soal-soal matematika pun rasanya menjadi hal yang sulit untuk dikerjakan. Tapi ada beberapa cara supaya kamu bisa mendapatkan nilai matematika yang baik, nah untuk itu simak pembahasan berikut ya.

Memahami Rumus Matematika Yang Sering Dipakai

Matematika itu bisa dipelajari dengan cara yang menyenangkan asalkan kamu memahami rumus matematika yang sering dipakai. Berikut ini adalah rumus matematika yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari :

1. Rumus Diskon

Pasti ketika kalian sedang berjalan-jalan di pusat perbelanjaan sering menemui baju yang dijual di salah satu toko yang menawarkan diskon hingga 50% ?. Bagi orang yang hobi berbelanja mungkin akan sangat minat untuk membelinya, tapi pernahkah kamu menghitung berapa jumlah uang yang harus kamu keluarkan untuk membeli barang dari diskon yang diberikan?. Kamu memerlukan perhitungan matematika disini, adapun rumus matematika yang digunakan untuk menghitung diskon yaitu

Harga Diskon + (% diskon) x Harga barang. Supaya kamu lebih memahami rumus diskon simak contoh berikut ini.

a. Saat sedang belanja ke mall, Riska melihat ada tas bagus yang ia inginkan. Ketika dihampiri, ternyata toko tas tersebut memberikan diskon sebesar 40% dengan harga tas tersebut sebesar Rp. 120.000.00. Berapa total uang yang harus dibayar oleh Riska agar ia mendapatkan tas tersebut?

Diketahui:
Diskon = 40%
Harga tas = Rp. 120.000.00
Harga diskon = (% diskon) x harga barang
Harga diskon = (40/100) x 120.000.00
Harga diskon = 48.000

Maka harga diskon dari tas tersebut adalah Rp. 48.000.00, sehingga total uang yang harus dikeluarkan Riska sebesar Rp. 120.000.00 – Rp. 48.000.00 = Rp. 72.000.00

2. Menghitung bunga dalam sistem perbankan

Rumus menghitung bunga bank merupakan rumus matematika yang sering dipakai. Bunga bank dibedakan menjadi dua yaitu bunga bank yang merupakan sejumlah uang yang harus dibayarkan oleh nasabah kepada bank sebagai balas jasa karena telah menggunakan fasilitas di bank. Lalu yang kedua adalah bunga tabungan yaitu sejumlah uang yang dibayarkan bank kepada nasabah karena telah menyimpang uang di bank. Bagi kamu yang sering menyimpang uang di bank, tentu bunga bank dan bunga tabungan akan didapatkan setiap bulannya.

Rumus menghitung bunga dalam sistem perbankan adalah :
Bunga setiap bulan = (Besar pinjaman/ jumlah bunga) x % bunga

Contoh soal:

a. Amel berencana akan membuka franchise berupa cafe, tetapi ia tidak memiliki dana yang cukup sehingga berencana untuk meminjam sejumlah uang di bank untuk kelancaran usahanya. Total uang yang dipinjam Amel dari bank adalah Rp. 15.000.000.00 dan diangsur dalam waktu satu tahun. Suku bunga yang ditetapkan oleh bank setiap bulannya sebesar 2%. Berapa besar angsuran yang harus Amel bayarkan setiap bulan?

Diketahui:
Jumlah pinjaman = Rp. 15.000.000.00
Angsuran = 12 bulan (1 tahun)
Suku bunga bank = 2%
Bunga tiap bulan = (besar pinjaman/ jumlah bulan) x % bunga
Bunga tiap bulan = (15.000.000.00/12) x 2/100
= 25.000
Maka besar bunga tiap bulannya adalah 25.000, jadi angsuran yang harus dibayarkan oleh Amel setiap bulannya adalah Rp. 1.250.000,00 + Rp. 25.000,00 = Rp. 1.275.000,00.

3. Rumus kecepatan, jarak, dan waktu

Rumus matematika yang sering digunakan selanjutnya adalah rumus kecepatan, jarak, dan waktu.Penggunaan rumus ini sering kamu temui, contohnya saat kamu mengendarai sepeda motor dari satu tempat ke tempat yang lain, supaya tidak terlambat kamu perlu memperhitungkan berapa kecepatan sepeda motor yang kamu kendarai. Selain itu, rumus ini juga bisa digunakan untuk menghitung antrian bus trans agar setiap menit sekali penumpang bisa diangkut dari satu tempat ke tempat yang lain. Rumus yang digunakan untuk yaitu:

V= S/t
Keterangan :
V : kecepatan (km/jam)
S : jarak (km)
t : waktu (jam)

Berikut ini contoh soalnya supaya mempermudahkan kamu untuk memahami rumus ini.

a. Yuda bekerja di salah satu perusahaan ternama yang ada di kotanya. Terdapat peraturan baru bahwa setiap karyawan dilarang untuk datang terlambat ke kantor. Jam masuk kantornya adalah pukul 07.30 dan Yuda diperkirakan sudah harus ada di kantor pukul 07.00, sehingga ia diperkirakan berangkat pukul 06.30. Yuda memacu kendaraannya dengan kecepatan 50 km/jam. Berapakah jarak rumah dengan kantor Yuda?

Diketahui:
Waktu (t) = 06.30 – 07.30 = 30 menit (½ jam)
Kecepatan (V) = 50 km
S= t x V
S= ½ X 50
S= 25
Jadi jarak rumah dengan kantor tempat Yuda bekerja adalah 25 km.

4. Permutasian dan kombinasi

Rumus matematika lainya yang sering digunakan yaitu permutasian kombinasi. Dalam kehidupan sehari-hari rumus ini mungkin dapat berguna dan dapat kamu gunakan. Permutasian merupakan rumus yang biasanya digunakan untuk mengetahui kemungkinan terjadinya suatu hal berdasarkan urutan yang telah ditentukan.

Rumus permutasian kombinasi adalah:

Permutasi:
P (n,r) = n! / (n-r)!
Keterangan:
P = permutasi
n = total objek keseluruhan
r = total objek yang dijadikan urutan
! = faktorial

Kombinasi :
nCr = n! / (r! (n-r)!)
Keterangan:
c = kombinasi
n = total objek keseluruhan
r = total objek yang diamati
! = faktorial

Itulah tadi rumus yang sering dipakai di kehidupan sehari-hari, semoga bisa membantu kamu yang untuk terus belajar matematika supaya mendapatkan nilai yang baik.

Tags :
Share This :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *