about-logo

5 Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Penjelasan Strukturnya

Tahukah Anda bahwa di balik setiap fenomena alam dan proses kompleks yang terjadi di dunia ini, tersembunyi cerita menakjubkan yang dapat diungkap melalui teks eksplanasi?

Jika Anda penasaran bagaimana teks eksplanasi digunakan untuk memahami berbagai fenomena alam dan sosial yang ada di sekitar kita, artikel inilah yang akan mengajak Anda ke dalam dunia yang menarik di mana kita akan mengeksplorasi berbagai contoh teks eksplanasi dan struktur dasarnya.

Mari kita teruskan untuk mengeksplorasi lebih lanjut!

 

Apa yang dimaksud Teks Eksplanasi?

5 Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Penjelasan Strukturnya - Apa yang dimaksud Teks Eksplanasi?

Mungkin Anda hampir lupa dengan definisi dari teks eksplanasi. Tetapi, jangan khawatir, kita akan mengulanginya dan menjelaskannya lebih dalam agar Anda benar-benar memahami konsep ini.

Teks Eksplanasi berasal dari kata ‘explanation,’ yang memiliki arti ‘menjelaskan.’ Jadi, Teks eksplanasi merupakan sebuah karangan mengenai topik tertentu yang mencakup berbagai peristiwa, baik yang bersifat alamiah maupun sosial, yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Teks eksposisi memiliki tujuan untuk memberikan pemahaman menyeluruh kepada pembaca tentang suatu subjek, menguraikan, menjelaskan, dan memaparkan suatu informasi atau gagasan tertentu secara rinci dan objektif.

 

Struktur Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi memiliki tiga struktur utama, yang juga dapat disebut sebagai komponen-komponen utama, yaitu :

  • Pernyataan Umum

Bagian pembuka ini mencerminkan identifikasi awal mengenai subjek yang akan dijelaskan secara luas. Ini dapat berkaitan dengan berbagai hal seperti peristiwa alam, isu sosial, aspek budaya, atau fenomena-fenomena lain yang akan diuraikan secara lebih mendalam.

  • Rangkaian Kejadian/Sebab Akibat

Struktur ini mendetailkan rangkaian peristiwa yang relevan dengan fenomena yang dijelaskan dengan menjelaskan bagaimana dan mengapa hal tersebut terjadi. Bagian ini dapat terdiri dari beberapa paragraf yang menguraikan hubungan sebab-akibat dari fenomena tersebut. Dalam struktur ini, kita menggali lebih dalam mengenai kronologi atau faktor-faktor yang mempengaruhi fenomena tersebut.

  • Kesimpulan/Penutup

Bagian akhir ini berisi pandangan atau penilaian penulis terhadap kesimpulan atau implikasi dari peristiwa yang telah dijelaskan sebelumnya. Hal ini dapat mencakup refleksi atau komentar penulis tentang pesan atau pelajaran yang dapat dipetik dari fenomena yang telah dibahas sebelumnya.

 

Contoh Teks Eksplanasi Singkat beserta Strukturnya

Setelah membaca dan memahami teori tentang teks eksplanasi diatasi, mari kita mulai menjelajahi berbagai contoh teks eksplanasi dari berbagai tema beserta penjelasan strukturnya.

1. Contoh Teks Eksplanasi tentang Fotosintesis

Proses Fotosintesis pada Tanaman Hijau

Pernyataan Umum : 

Fotosintesis menjadi proses yang luar biasa yang terjadi dalam tanaman hijau dan beberapa mikroorganisme. Fotosintesis adalah proses biokimia yang terjadi di dalam tumbuhan hijau dan beberapa mikroorganisme yang menggunakan energi matahari untuk mengubah karbon dioksida (CO2) dan air (H2O) menjadi glukosa (C6H12O6) dan oksigen (O2).

Rangkaian Kejadian/Sebab Akibat : 

Ketika fotosintesis dimulai, langkah pertama adalah tanaman menangkap cahaya matahari melalui pigmen hijau yang disebut klorofil, yang terdapat dalam kloroplas sel tanaman. Klorofil adalah molekul yang memiliki kemampuan unik untuk menangkap energi matahari dan berperan sebagai “antena” yang menangkap sinar matahari. Setelah itu, tanaman mengambil karbon dioksida (CO2) dari udara melalui struktur mikroskopis yang disebut stomata, yang terdapat di permukaan daun mereka. Ini adalah salah satu bahan penting yang diperlukan dalam fotosintesis.

Selanjutnya, tanaman menggabungkan karbon dioksida (CO2) dan air (H2O) dengan bantuan energi matahari. Dalam tahap ini, molekul-molekul tersebut diubah menjadi glukosa (C6H12O6) dan oksigen (O2) melalui serangkaian reaksi kimia yang sangat kompleks. Glukosa yang dihasilkan adalah bentuk energi kimia yang akan digunakan oleh tanaman untuk pertumbuhan, perkembangan, dan penyimpanan energi. Oksigen yang dihasilkan sebagai produk sampingan dilepaskan ke atmosfer, yang juga sangat penting bagi kehidupan di Bumi.

Selain air memainkan peran penting dalam fotosintesis dengan menyediakan atom hidrogen yang diperlukan dalam pembentukan glukosa. Air diambil oleh akar tanaman dari tanah dan kemudian diangkut melalui pembuluh tumbuhan ke daun, di mana air tersebut akan digunakan dalam proses fotosintesis. Atom hidrogen dari air akan digunakan dalam reaksi kimia yang menghasilkan glukosa. Terakhir, glukosa yang dihasilkan bukan hanya digunakan segera sebagai sumber energi oleh tanaman, tetapi juga dapat disimpan sebagai cadangan energi dalam bentuk amilum di berbagai bagian tanaman, seperti akar dan biji.

Kesimpulan / Penutup : 

Jadi, Fotosintesis merupakan proses kompleks yang memungkinkan tanaman hijau untuk menghasilkan makanan mereka sendiri dan mengeluarkan oksigen sebagai produk sampingan. Proses ini adalah kunci untuk keberlanjutan kehidupan di Bumi dan juga menyediakan dasar bagi rantai makanan di ekosistem. Dengan memahami bagaimana fotosintesis bekerja, kita dapat lebih menghargai peran penting tanaman hijau dalam menjaga keseimbangan ekosistem kita.

 

2. Contoh Teks Eksplanasi tentang Banjir Bandang

Banjir Bandang

Pernyataan Umum : 

Banjir bandang adalah sebuah bencana alam yang terjadi ketika terjadi pelepasan air besar-besaran secara tiba-tiba dari sumber air seperti sungai, danau, atau bendungan. Fenomena ini sering kali dipicu oleh beberapa faktor seperti hujan lebat dalam waktu singkat, pembentukan awan badai, atau pelepasan air dari bendungan yang berlebihan. Banjir bandang ditandai dengan aliran air yang sangat kuat, cepat, dan menghancurkan, yang dapat menyapu segala yang ada di jalurnya.

Rangkaian Kejadian/Sebab Akibat : 

Banjir bandang terjadi ketika ada pelepasan air yang sangat besar dari danau, sungai, atau bendungan secara tiba-tiba. Beberapa penyebab umumnya meliputi hujan lebat, pembentukan awan badai, dan pelepasan bendungan. Hujan lebat dalam waktu singkat dapat menyebabkan aliran air yang sangat kuat menuju sungai atau sungai kecil, sedangkan badai tropis atau sistem cuaca ekstrem dapat menghasilkan curah hujan berkepanjangan dan meluas yang memicu banjir bandang. Terkadang, bendungan yang penuh air harus dilepaskan untuk mencegah kerusakan lebih lanjut, dan hal ini dapat menghasilkan banjir bandang di hilir bendungan.

Dampak banjir bandang sangat serius dan luas. Salah satunya adalah kerugian terhadap nyawa manusia dan kerusakan besar pada properti, termasuk rumah, infrastruktur, dan tanaman. Air banjir sering mencemari lingkungan dengan limbah dan bahan kimia berbahaya, dan hal ini berdampak negatif pada ekosistem sungai dan daerah sekitarnya, mengganggu kehidupan hewan dan tanaman. Masyarakat yang terkena dampak sering kali harus dievakuasi dari daerah terdampak, dan mereka mungkin perlu tinggal sementara di tempat pengungsian. Selain itu, banjir bandang dapat merusak jembatan, jalan, dan fasilitas umum lainnya, menghambat akses dan pemulihan.

Kesimpulan / Penutup : 

Mengetahui penyebab dan dampak banjir bandang adalah langkah pertama dalam persiapan dan mitigasi untuk melindungi diri dan lingkungan kita dari ancaman ini. Hal ini penting dalam upaya pencegahan dan tanggapan terhadap bencana ini, serta dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesiapsiagaan dalam menghadapi banjir bandang yang dapat terjadi kapan saja dan di mana saja.

 

3. Contoh Teks Eksplanasi tentang Demokrasi

Sistem Pemerintahan yang Mendasarkan Kekuasaan pada Rakyat

Pernyataan Umum : 

Demokrasi adalah sistem pemerintahan yang mendasarkan kekuasaan pada rakyat, dan istilah ini berasal dari bahasa Yunani dengan arti “kekuasaan rakyat.” Dalam demokrasi, prinsip utama adalah bahwa keputusan politik tidak terpusat pada satu individu atau kelompok kecil, melainkan dipegang oleh seluruh warga negara atau rakyat suatu negara.

Rangkaian Kejadian/Sebab Akibat :

Prinsip-prinsip inti demokrasi mencakup konsep kedaulatan rakyat, yang berarti bahwa rakyat memiliki hak untuk menentukan masa depan politik mereka melalui pemilihan dan partisipasi dalam proses pembuatan keputusan politik. Selain itu, dalam demokrasi, pemerintahan harus berdasarkan hukum, dan hukum harus diterapkan secara adil dan setara bagi semua warga negara. Ini mencakup hak-hak asasi manusia yang melibatkan kebebasan berbicara, beragama, berkumpul, dan hak-hak lain yang memungkinkan partisipasi warga negara dalam proses politik.

Dalam berbagai negara, ada berbagai jenis demokrasi yang diterapkan. Misalnya, demokrasi representatif melibatkan pemilihan perwakilan yang akan membuat keputusan politik atas nama rakyat, seperti parlemen. Di sisi lain, demokrasi langsung memungkinkan warga negara untuk terlibat secara langsung dalam proses pembuatan keputusan politik melalui pemungutan suara dalam referendum atau pemilihan umum.

Selain itu, ada demokrasi parlementer di mana kepala pemerintahan seperti perdana menteri dipilih oleh badan legislatif dan bertanggung jawab kepada badan legislatif tersebut. Sedangkan dalam demokrasi presidensial, presiden yang dipilih oleh rakyat memiliki kekuasaan eksekutif yang kuat dan tidak bergantung pada badan legislatif.

Kesimpulan / Penutup : 

Demokrasi memiliki sejumlah kelebihan, termasuk partisipasi aktif warga negara dalam proses politik, perlindungan hak asasi manusia, dan potensi untuk mencegah penyalahgunaan kekuasaan. Namun, juga ada tantangan dalam menjalankannya, seperti risiko populisme, korupsi, dan ketidakstabilan politik jika tidak dikelola dengan baik. Meskipun memiliki kelemahan, demokrasi tetap menjadi model yang banyak diinginkan dalam upaya mencapai pemerintahan yang adil, transparan, dan partisipatif.

 

4. Contoh Teks Eksplanasi tentang Proses Terjadinya Hujan

Dari Uap Air ke Butiran Hujan

Pernyataan Umum : 

Hujan adalah fenomena alam di mana tetes-tetes air jatuh dari atmosfer ke permukaan Bumi. Hujan memiliki peran penting dalam ekosistem Bumi karena menyediakan air yang sangat diperlukan bagi tanaman, hewan, dan manusia. Air hujan mengisi sungai, danau, dan reservoir, dan juga meresap ke dalam tanah untuk mengisi akuifer yang menjadi sumber air tanah.

Rangkaian Kejadian/Sebab Akibat :

Proses terjadinya hujan dimulai dari tahap penguapan, di mana air dari berbagai sumber seperti lautan, sungai, dan danau menguap ke atmosfer. Penguapan ini terjadi karena panas matahari mengubah air cair menjadi uap air.

Selanjutnya, uap air yang naik ke atmosfer akan mencapai lapisan udara yang lebih dingin di ketinggian tertentu. Pada titik ini, uap air mengalami kondensasi, yaitu berubah dari bentuk uap menjadi tetes-tetes air mikroskopis. Proses kondensasi ini biasanya terjadi di sekitar inti-partikel seperti debu atau garam yang berfungsi sebagai inti nukleasi. Ketika tetes-tetes air ini cukup banyak, mereka berkumpul membentuk awan.

Awan ini awalnya muncul sebagai awan kumulus yang putih dan lembut, tetapi terus tumbuh dan berkembang seiring dengan terusnya penguapan air dan peningkatan ketinggian. Awan yang besar dan tebal sering disebut awan cumulonimbus, yang seringkali mendung dan mendung gelap.

Di dalam awan, tetes-tetes air terus bertambah ukurannya karena akresi, yaitu proses penambahan lapisan-lapisan tambahan pada tetes-tetes air oleh air yang membeku pada suhu di bawah nol derajat Celsius. Ketika tetes-tetes air tersebut menjadi cukup besar dan berat, gravitasi mengambil alih, dan mereka mulai jatuh sebagai butiran hujan.

Hujan yang jatuh ke permukaan bumi bisa memiliki berbagai ukuran, mulai dari tetes air yang sangat kecil hingga hujan deras. Air hujan yang mencapai permukaan bumi menjadi sumber penting bagi kehidupan di darat. Ini menyuplai air untuk tanaman dan hewan, mengisi sungai dan danau, dan mengisi akuifer di bawah tanah.

Kesimpulan / Penutup : 

Proses terjadinya hujan ini adalah contoh nyata tentang bagaimana unsur-unsur alam, seperti panas matahari, tekanan udara, perubahan suhu, dan interaksi udara dan air, bekerja bersama-sama untuk menciptakan fenomena alam yang sangat vital bagi kelangsungan hidup dan keberlanjutan ekosistem di Bumi. Selain itu, proses ini juga merupakan bagian penting dari siklus air global yang mengatur distribusi air di seluruh planet kita.

 

5. Contoh Teks Eksplanasi tentang Cara Bertahan Hidup Harimau

Strategi Adaptasi Harimau

Pernyataan Umum : 

Harimau, menjadi salah satu predator paling kuat di dunia, telah mengembangkan berbagai strategi adaptasi yang luar biasa untuk bertahan hidup di lingkungan yang keras. Mereka adalah pemangsa teratas yang menggunakan cakar tajam dan gigi taring kuat untuk menangkap dan membunuh mangsanya dengan kecepatan dan ketepatan yang mengesankan.

Rangkaian Kejadian/Sebab Akibat :

Harimau adalah predator soliter yang cenderung berburu sendirian dan mendekati mangsa dengan diam-diam melalui semak-semak dan vegetasi sebelum melancarkan serangan mendadak. Selain itu, mereka dapat ditemukan di berbagai habitat, dari hutan hujan tropis hingga sabana, menunjukkan adaptasi yang luar biasa terhadap berbagai kondisi lingkungan.

Kemampuan berburu mereka diperkuat oleh fakta bahwa harimau adalah hewan nokturnal, yang lebih aktif di malam hari, memberi mereka keunggulan dalam berburu mangsa yang lemah di malam hari. Selain itu, mereka cenderung memilih mangsa yang lebih lemah atau terpisah dari kelompok mereka dan kadang-kadang menyimpan makanan mereka untuk digunakan kemudian. Harimau juga sangat teritorial dan menggunakan berbagai bentuk komunikasi untuk menandai wilayah mereka, dan mereka melindungi wilayah tersebut dengan keras dari intrusi harimau lainnya.

Kesimpulan / Penutup :

Singkatnya, harimau adalah predator kuat dengan adaptasi luar biasa untuk bertahan hidup di berbagai habitat. Mereka berburu dengan cakar tajam dan gigi taring, aktif di malam hari, dan memilih mangsa dengan bijak. Harimau juga teritorial dan melindungi wilayah mereka. Mereka adalah hewan soliter, kecuali saat merawat anak-anak mereka. Harimau adalah contoh luar biasa dari adaptasi dalam dunia hewan.

Demikianlah contoh teks eksplanasi beserta struktur dan penjelasannya yang dapat menjadi referensi dan panduan bagi Anda dalam memahami dan menulis teks eksplanasi.

Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mengembangkan kemampuan menulis dan pemahaman tentang berbagai fenomena di sekitar kita. Teruslah eksplorasi dan pengembangan pengetahuan Anda!

Didukung Oleh :

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *