about-logo

Contoh Media Interaktif untuk Guru Berbasis Web

Keberhasilan kegiatan belajar mengajar di kelas menjadi tanggung jawab seorang guru kepada muridnya. Dengan begitu guru akan memikirkan bagaimana cara yang efektif yang dapat digunakan untuk agar menarik perhatian sekaligus murid cepat paham tentang materi yang diajarkan.

Media interaktif berbasis website menjadi solusi untuk mempermudah penyampaian materi yang tepat. Media interaktif adalah media yang dipergunakan untuk proses belajar yang dilakukan antara guru dan siswa yang berbasis multimedia. Penyampaian materi dengan media interaktif ini adalah dengan menggunakan teks, video, gambar animasi dengan pengendalian komputer.

Penjelasan lebih lengkapnya mari kita simak bersama mengenai contoh, alasan menggunakan, dan faktor pengaruh dari media interaktif berbasis web berikut ini.

Contoh Media Interaktif

Ada berbagai macam media interaktif yang dapar menjadi alat bantu dalam memudahkan aktivitas belajar mengajar, karena murid akan lebih cepat memahami materi yang disampaikan. Berikut ini beberapa contoh dari media interaktif :

1. Ruang Guru

Media Interaktif Ruang Guru

Ruang Guru menjadi salah satunya aplikasi yang menyediakan materi pembelajaran dari guru terbaik dan terpercaya, aplikasi ini dapat membantu murid untuk memahami sebuah materi dengan jawaban yang tepat. Selain itu, ruang guru juga menyediakan video tutorial atau animasi dalam pengerjaannya agar murid cepat memahami jawaban dari soal-soal yang sedang dicari.

2. Kelas Kita

Media Interaktif Kelas Kita

Kelas Kita merupakan salah satu platform pendidikan digital yang memberikan materi pembelajaran dengan fleksibel, unik, dan menyenangkan untuk murid yang bisa diakses dimanapun selagi ada jaringan internet.

3. Canva

Media Interaktif Canva

Canva yaitu salah satu aplikasi visual atau pengolah grafis yang banyak digunakan di era saat ini. Aplikasi ini dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran seperti rangkuman materi, poster, brosur, worksheet, thumbnail youtube, infografis, template presentasi dan lain sebagainya. Selain itu terdapat beberapa kategori yaitu, dokumen, media sosial, personal, marketing, event, pendidikan, iklan dan presentasi.

4. Zenius Education

Media Interaktif Zenius

Zenius Education merupakan situs yang memiliki berbagai macam materi pembelajaran yang berjenjang yaitu mulai SD sampai dengan SMA dan menggunakan bahasa inggris.

5. Wolfram Alpha

Media Interaktif Wolfram Alpha

Wolfram Alpha merupakan situs portal untuk berbagai materi seperti matematika, seni, astronomi dan lain sebagainya serta menggunakan bahasa inggris.

Alasan Menggunakannya

Tentunya banyak alasan kenapa menggunakan media interaktif berbasis web ini dalam proses belajar mengajar, seperti berikut ini :

1. Efektif untuk Digunakan

Karena bersifat online media ini akan mudah diakses dengan jaringan internet dimanapun guru berada, sehingga guru juga bisa menggunakannya dengan mudah ketika guru belum sempat masuk ke dalam kelas. Dengan tingkat efektifitas yang ada ini, waktu yang berjalan pun tidak akan sia-sia.

2. Menjadi Pengalaman

Pengalaman dalam mendapatkan ilmu menjadi hal penting dalam kehidupan, apalagi masih banyak anak diluar sana yang belum bisa merasakan fasilitas yang digunakan, bahkan bisa dibilang mereka juga tidak tahu mengenai era digital saat ini. Oleh karena itu, cobalah untuk bergerak maju jangan sampai tertinggal dalam bidang pendidikan saat ini.

3. Tidak Menggunakan Banyak Modal

Biasanya murid akan membeli peralatan atau bahan yang digunakan dalam sebuah pembelajaran. Namun, sekarang sudah tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk membeli bahan tersebut, karena bisa menggunakan handphone yang pastinya Anda juga memilikinya.

4. Mencakup Area yang Luas

Media ini bisa digunakan dimanapun karena media pembelajaran yang satu ini mencangkup area yang luas atau tidak ada batas untuk bisa digunakan saat pembelajaran. Sebagai contoh ada siswa dan guru yang berbeda tempat, ketika guru tidak dapat masuk kelas namun guru masih dapat memberikan tugas kepada siswa yang sedang berada di kelas. Maka dari itu, dapat dikatakan jika media pembelajaran tersebut akan mencangkup area yang luas.

5. Pengembangan Pembelajaran Siswa

Media pembelajaran ini juga akan membantu siswa dalam mengembangkan pembelajaran yang sedang mereka pelajari. Dengan begitu, siswa tentu tidak akan ketinggalan pelajaran dan tentunya mulai untuk berpikir kritis secara perlahan-lahan.

Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web

Berikut ini beberapa pengaruh yang terjadi jika media pembelajaran interaktif diterapkan dalam pembelajaran:

  • Menambah motivasi untuk pembelajaran pada saat berlangsungnya proses belajar mengajar.
  • Dapat menggabungkan antara gambar, teks animasi, audio dan video yang tentunya dapat mengoptimalkan pembelajaran dalam satu kesatuan.
  • Dapat memvisualisasi materi sulit untuk dijelaskan yang hanya sekedar penjelasan berupa alat peraga yang sederhana.
  • Melatih siswa supaya mandiri dan berpikir kritis dalam proses mencari ilmu.
  • Membantu guru dalam menyampaikan berbagai materi.

 

Itulah contoh, alasan dan pengaruh dalam penggunaan media interaktif untuk guru berbasis web. Perlu Anda ketahui bahwa guru berperan penting dalam membimbing siswanya dalam suatu pembelajaran. Maka dari itu, media interaktif ini akan membantu para guru untuk menyampaikan materi dan akan menjadi cara efektif untuk siswa mengoptimalkan proses pembelajarannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on pocket
Share on whatsapp
Share on vk
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *