about-logo

5+ Contoh Lamaran Kerja Beserta Cara Membuatnya

Pada era yang penuh persaingan seperti sekarang, mencari pekerjaan bukanlah tugas yang mudah. Membuat lamaran kerja yang menarik dan efektif merupakan langkah awal yang krusial untuk menonjolkan diri di antara pelamar lainnya. 

Kami akan membahas secara rinci langkah-langkah penting untuk membuat lamaran kerja yang memikat, disertai contoh-contoh nyata yang dapat menginspirasi Anda.Mari bersama belajar dan menyimak artikel ini.

Struktur Surat Lamaran Kerja 

Dalam dunia pencarian kerja, penting untuk memahami struktur lamaran kerja yang benar supaya surat lamaran kerja Anda dapat menonjol di mata perusahaan yang Anda lamar. Dengan memahami dan mengikuti struktur yang benar, Anda dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. 

1. Kop Surat

Kop surat adalah elemen penting dalam surat lamaran kerja yang memberikan identitas kepada pelamar. Kop surat biasanya terletak di bagian atas surat dan mencakup informasi penting seperti nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat email pelamar. 

2. Alamat Tujuan

Bagian ini memuat informasi mengenai perusahaan atau organisasi yang dituju, termasuk nama, alamat lengkap, nomor telepon, dan email. Biasanya, informasi ini dicetak di bagian kanan atas surat.

3. Salam Pembuka

Salam pembuka adalah kalimat pembuka yang digunakan untuk memperkenalkan diri pelamar dan menyampaikan tujuan surat. 

Contoh salam pembuka dapat berupa “Kepada Yth.” atau “Dear Sir/Madam”.

4. Isi Surat

Isi surat memuat informasi tentang pelamar, seperti latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, dan alasan mengapa pelamar cocok untuk posisi yang ditawarkan oleh perusahaan.

5. Penutup

   Bagian penutup berisi kalimat penutup yang digunakan untuk mengakhiri surat lamaran kerja, seperti “Hormat saya” atau “Salam Hormat”.

6. Tanda Tangan

Tanda tangan pada surat lamaran kerja adalah tanda autentikasi yang menunjukkan keseriusan dan komitmen Anda terhadap aplikasi yang diajukan. Sebagai tanda kesopanan dan keprofesionalan, pastikan tanda tangan Anda ditempatkan di sudut kanan bawah surat. Tanda tangan tersebut sebaiknya ditulis dengan tinta hitam atau biru untuk memastikan kejelasan dan keberlanjutan tulisan. 

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

cara membuat lamaran kerja

Membuat surat lamaran kerja yang efektif dan profesional merupakan langkah kunci dalam meraih pekerjaan impian Anda. Kami akan membahas secara rinci langkah-langkah esensial dalam cara membuat surat lamaran kerja yang memukau dan mengesankan perusahaan yang Anda lamar.

1. Menyusun Tanggal dan Tempat Surat

Tanggal surat dan tempat pembuatan diletakkan di sudut kanan atas surat tanpa menggunakan titik di akhirnya.

Contoh: Jakarta, 23 Maret 2023

2. Menyusun Lampiran dan Hal

Pergunakanlah istilah “lampiran” dan “hal” tanpa memendekkannya. Angka dalam daftar lampiran sebaiknya ditulis dalam bentuk huruf.

Contoh:

Lampiran: Empat lembar

Hal: Lamaran Kerja

3. Menuliskan Alamat Surat

  • Gunakan tidak lebih dari 3 baris untuk penulisan alamat.
  • Hindari penggunaan jenis kelamin (Bapak/Ibu) untuk menyebut jabatan.
  • Jangan singkatkan kata “Jalan” dalam alamat.
  • Setiap baris alamat tidak diakhiri dengan titik.

Contoh:

Yth. Ezra Company

Jalan Mekar Nomor 04, Mijen, Semarang

4. Menulis Alinea Pembuka

Gunakan bahasa yang sopan dan baik dalam alinea pembuka. Sampaikan pernyataan umum yang mencerminkan diri Anda sebagai pelamar.

5. Mengisi Surat

Surat lamaran kerja seharusnya memuat identitas Anda, maksud melamar, dan alasan memilih pekerjaan tersebut.

6. Menyatakan Lampiran

Dalam surat lamaran pekerjaan, sebutkan dengan jelas lampiran yang Anda sertakan sebagai bagian dari aplikasi Anda. Lampiran-lampiran ini adalah dokumen atau bukti-bukti yang mendukung kualifikasi dan pengalaman kerja yang Anda miliki. 

7. Menulis Bagian Penutup

Bagian penutup dalam surat lamaran kerja merupakan kesempatan terakhir untuk menciptakan kesan positif pada penerima surat. Dalam bagian ini, ungkapkan rasa terima kasih Anda atas waktu dan perhatian yang diberikan oleh pembaca. 

Contoh:

Sebagai penutup surat lamaran ini, saya berharap dapat kesempatan untuk bertemu secara langsung dalam wawancara. Saya sangat antusias untuk berkontribusi dan tumbuh bersama perusahaan ABC. Terima kasih atas waktu dan perhatian Anda. Hormat saya,

8. Menyusun Salam Penutup

Salam penutup ditulis dengan sopan sebagai tanda penghormatan.

Contoh:

Hormat saya,

9. Menandatangani Surat dan Menyertakan Nama Lengkap

Menandatangani surat dan menyertakan nama lengkap adalah tahap terakhir yang sangat penting dalam menyusun surat lamaran kerja. 

Sebagai Contoh:

Hormat saya,

(Tanda Tangan)

Aruna Keira Nugroho

5 Contoh Lamaran Kerja 

1. Contoh Lamaran Kerja di Perusahaan Digital Marketing

 

Jakarta, 20 Oktober 2023

Lampiran : 3 (tiga) lembar

Hal : Lamaran Kerja

 

Yth. HRD PT. Digital Success Indonesia  

Jl. Digital No. 123

Banten, 10120

 

Dengan Hormat,

 

Saya yang bertandatangan di bawah ini,

Nama : Sisca Lestari

Tempat, Tanggal Lahir : Semarang, 23 Juli 2003

Alamat : Perumahan Anjasmoro No.8 RT 3/RW2

Pendidikan Terakhir : S1 Manajemen Pemasaran

Berdasarkan pengumuman lowongan pekerjaan yang saya temui di situs web PT. Digital Success Indonesia, saya tertarik melamar posisi sebagai Spesialis Digital Marketing di perusahaan yang terkemuka ini. Berkat education background dan pengalaman kerja yang saya punya, saya yakin saya bisa memberikan dampak positif untuk mengembangkan bisnis digital marketing perusahaan Anda.

Saya berhasil lulus dari Universitas Aki Semarang dengan gelar sarjana dalam bidang Pemasaran dan memiliki pengalaman kerja selama tiga tahun di agensi pemasaran digital terkemuka. Dalam pekerjaan saya sebelumnya, saya berhasil merencanakan dan melaksanakan kampanye pemasaran digital yang menghasilkan peningkatan trafik situs web sebesar 40% dan konversi penjualan sebesar 25%. Keahlian saya meliputi strategi media sosial, SEO, kampanye iklan berbayar, dan analisis data.

Saya melampirkan dokumen-dokumen berikut:

– Fotokopi ijazah S1 Manajemen Pemasaran 

– Fotokopi sertifikat pelatihan pemasaran digital

– Daftar referensi dari pekerjaan sebelumnya

Dengan ini, saya susun surat lamaran pekerjaan ini dengan antusiasme besar, berharap dapat menjadi bagian dan berkembang bersama PT. Digital Success Indonesia. Saya sangat antusias untuk memberikan kontribusi saya kepada perusahaan ini dan siap untuk memberikan yang terbaik.

Terima kasih untuk waktu dan pertimbangan Bapak/Ibu HRD PT. Digital Success Indonesia. Sangat saya harapkan kesempatan untuk bertemu dalam wawancara. Saya dengan senang hati akan menjelaskan secara mendalam mengenai pengalaman, keterampilan, serta motivasi yang saya miliki.

 

Hormat saya,

Sisca Lestari

2. Contoh Lamaran Kerja di Perusahaan Manufaktur

Semarang, 3 Juni 2022

 

Hal : Lamaran Kerja 

 

Yth. HRD PT. State Manufacture

Jalan Industri Raya No. 67

Semarang, 12345

 

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama  : Aldebaran Al-Fachri

Tempat, Tanggal Lahir : Semarang, 4 Juni 2001

Alamat : Perumahan Beringin Permai Blok C11 RT4/RW7 Ngaliyan, Semarang

Pendidikan Terakhir : S1 Teknik Industri

Saya mengirimkan surat ini untuk melamar posisi sebagai Spesialis Produksi di PT. State Manufacture. Dengan latar belakang pendidikan dalam Teknik Industri dari Universitas Negeri Semarang serta pengalaman kerja yang luas di industri manufaktur, saya yakin bisa memberikan dampak positif bagi perkembangan perusahaan Anda.

Selama studi saya, saya mendalami berbagai aspek teknik produksi dan manajemen operasional, mencakup perencanaan produksi, kontrol kualitas, serta pengoptimalan proses produksi. Pengalaman kerja saya yang beragam termasuk peran sebagai Supervisor Produksi di PT. Indah Jaya Teknologi, di mana saya bertanggung jawab atas koordinasi produksi, analisis efisiensi operasional, dan pengelolaan tim produksi. Selain itu, saya memiliki pengetahuan mendalam tentang sistem manajemen mutu ISO dan metode peningkatan produktivitas yang telah terbukti berhasil.

Keahlian saya meliputi penggunaan perangkat lunak simulasi produksi, perencanaan kapasitas, dan strategi pengelolaan rantai pasokan. Saya memiliki keterampilan komunikasi yang baik, mampu berkolaborasi dalam tim, dan memiliki dedikasi tinggi terhadap hasil kerja yang berkualitas.

Saya sangat terinspirasi oleh visi dan misi PT. Maju Bersama Manufaktur untuk meningkatkan standar industri dan memajukan teknologi produksi. Saya percaya bahwa pendidikan dan pengalaman kerja saya akan menjadi nilai tambah yang berharga bagi perusahaan Anda.

Saya bersedia memberikan informasi lebih lanjut tentang pengalaman, keahlian, dan pencapaian saya dalam sebuah wawancara. Saya sangat antusias untuk menjadi bagian dari tim PT. State Manufacture untuk mencapai kesuksesan bersama.

 

Terima kasih, Saya menantikan balasan dari Anda.

 

Hormat saya,

[Tanda Tangan]

Aldebaran Al-Fachri

3. Contoh Lamaran Kerja di Perusahaan Konstruksi

Bandung, 12 Desember 2020

 

Lampiran: 4 (empat) lembar

Hal: Lamaran Kerja

 

Kepada Yth,

HRD PT. Konstruksi Sejahtera

Jl. Pembangunan No. 123

Bandung, 54321

 

Dengan hormat,

 

Dalam surat ini, saya : 

Nama : Fahmi Putra

Tempat, Tanggal Lahir : Bandung, 15 November 1997

Alamat : Jl. Kembang Sari No. 25, Kelurahan Cihapit, Kecamatan    Coblong, Bandung.

Email : fahmiputra@email.com

Telepon : 0812-2345-6789

Pada surat ini, saya mengajukan lamaran pekerjaan di PT. Konstruksi Sejahtera untuk posisi Ahli Teknik Konstruksi., sebagaimana yang saya ketahui melalui pengumuman lowongan kerja yang tertera di website perusahaan Anda. Saya sangat tertarik dengan proyek-proyek konstruksi inovatif yang telah berhasil Anda selesaikan dan ingin berkontribusi dalam menghadirkan solusi teknik yang canggih untuk proyek-proyek mendatang.

Sebagai seorang lulusan dari Universitas Diponegoro Semarang dengan gelar Sarjana Teknik Sipil, saya telah mengembangkan pemahaman mendalam tentang teori dan praktik konstruksi. Pengalaman saya di industri ini mencakup peran sebagai Asisten Insinyur di PT. Bangun Sukses Bersama, di mana saya bertanggung jawab atas pengawasan proyek, perencanaan konstruksi, dan manajemen proyek.

Pengalaman ini memperkaya keterampilan saya dalam membaca gambar teknik, menggunakan perangkat lunak desain konstruksi terkemuka, serta memimpin tim teknis. Selain itu, saya memiliki pemahaman yang kuat tentang standar keselamatan konstruksi dan regulasi lingkungan.

Saya sangat antusias untuk membawa keterampilan dan pengetahuan saya ke PT. Konstruksi Sejahtera dan berkolaborasi dengan tim yang berdedikasi. Saya percaya bahwa keterampilan saya dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengelola proyek konstruksi akan memberikan nilai tambah yang signifikan bagi perusahaan ini.

Saya melampirkan dokumen-dokumen berikut sebagai bahan pertimbangan:

  • Fotokopi Ijazah Sarjana Teknik Sipil
  • Surat Referensi dari PT. Bangun Sukses Bersama
  • Sertifikat Pelatihan Pengelolaan Proyek Konstruksi
  • Fotokopi KTP dan Pas Foto 3×4

Saya siap untuk memberikan kontribusi yang maksimal dan senantiasa belajar untuk 

memajukan proyek-proyek PT. Konstruksi Sejahtera. Saya sangat ingin berkesempatan bertatap muka dengan Anda, sehingga kita dapat merencanakan cara saya dapat berkontribusi untuk mencapai tujuan perusahaan Anda.

Atas perhatian bapak/ibu sekalian, saya ucapkan terimakasih.

 

Salam Hormat,

[Tanda Tangan]

Fahmi Putra

4. Contoh Lamaran Kerja di Rumah Sakit/Instansi Kesehatan

 

Solo, 1 Agustus 2023

 

Lampiran : 6 (enam) lembar

Hal : Lamaran Kerja Sebagai Perawat di RS. Sentosa Solo

 

Kepada Yth,

Bapak/Ibu HRD RS. Sentosa Solo

Jl. Kesehatan Sejahtera No. 45

Solo, 57123

 

Dengan hormat,

 

Melalui tulisan ini, Saya : 

 

Nama : Fitriana Sari

Tempat, Tanggal Lahir : Yogyakarta, 3 Agustus 2003

Alamat : Jl. Bakti Abadi No. 12 Manahan, Solo. 

Email : fitrianasari@gmail.com

Telepon : 0812-3456-7890

 

Ingin melamar pekerjaan sebagai Perawat di RS. Sentosa Solo. Saya adalah  lulusan dari Program Studi Keperawatan Universitas Sejahtera Solo, saya memiliki pengetahuan dan pengalaman yang kuat dalam memberikan pelayanan perawatan kesehatan berkualitas kepada pasien. Saya sangat tertarik untuk bergabung dengan tim RS. Sentosa Solo karena reputasinya yang baik di dalam memberikan layanan kesehatan terbaik kepada masyarakat.

Selama studi saya, saya telah mengikuti berbagai pelatihan praktis di rumah sakit terkemuka di Solo dan memperoleh pengalaman dalam merawat pasien dengan berbagai kondisi medis. Saya juga memiliki keterampilan dalam mengelola data pasien, memberikan perawatan yang bersifat holistik, serta berkomunikasi dengan baik dengan pasien dan keluarganya.

Selain itu, saya memiliki sertifikat pelatihan di bidang Advanced Cardiac Life Support (ACLS) dan Basic Life Support (BLS) , yang mendukung kemampuan saya dalam menangani situasi darurat medis. Saya sangat antusias untuk berkontribusi dalam meningkatkan standar pelayanan kesehatan di RS. Sentosa Solo.

Di surat ini, saya melampirkan : 

  • CV (Curriculum Vitae)
  • Fotokopi Ijazah S1
  • Fotokopi Transkrip Nilai
  • Fotokopi KTP 
  • Surat referensi dari dosen pembimbing
  • Sertifikat pelatihan BLS dan ACLS 

Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu HRD RS.Sentosa. Saya memiliki harapan yang besar untuk dapat bergabung dengan RS. Sentosa Solo dan memberikan yang terbaik dalam pelayanan perawatan kesehatan.

 

Hormat saya,

[Tanda Tangan ]

Fitriana Sari

 

5. Contoh Lamaran Kerja Magang di Perusahaan Design Grafis

 

Semarang, 15 Mei 2023

 

Perihal: Permohonan Magang

 

Kepada Yth.,

Rekruter Perusahaan Design Grafis Kreatif

Jl. Harmoni Barat No. 10, Kelurahan Sembrani, 

Kecamatan Sembungan, Semarang.

Semarang, 57123

 

Salam Sejahtera,

Saya yang menulis surat ini:

Nama : Andika Pratama

Tempat, Tanggal Lahir : Solo, 20 Februari 2005

Kelas : 11 

Sekolah : SMK Nusantara Semarang

Telepon : 0812-3456-7890

Saya adalah seorang siswa SMK jurusan Desain Grafika yang sedang menyelesaikan pendidikan di SMK Nusantara Solo. Saya sangat tertarik dengan dunia desain grafis dan ingin mendapatkan pengalaman praktis di lapangan sebelum saya lulus.

Meskipun saya adalah seorang siswa SMK, saya memiliki pengetahuan dasar yang kuat tentang desain grafis. Saya telah mempelajari penggunaan berbagai software graphic design seperti Adobe Photoshop dan CorelDRAW di sekolah dan telah berhasil menyelesaikan beberapa proyek desain grafis di kelas.

Saya ingin mengajukan permohonan magang di Perusahaan Design Grafis Kreatif untuk mengasah keterampilan praktis saya dan belajar lebih banyak tentang industri desain grafis profesional. Saya adalah individu yang antusias, rajin belajar, dan siap bekerja keras untuk mendukung proyek-proyek kreatif di perusahaan Anda.

Meskipun saya masih pelajar, saya memiliki semangat dan dedikasi untuk berkembang dalam dunia desain grafis. Saya yakin bahwa pengalaman magang di Perusahaan Design Grafis Kreatif akan memberi saya wawasan yang berharga dan mempersiapkan saya untuk karir di bidang desain grafis di masa depan.

Saya siap untuk memberikan yang terbaik dalam magang ini dan belajar sebanyak mungkin dari mentor dan tim kreatif Anda. Saya percaya bahwa magang di perusahaan Anda akan menjadi langkah awal yang baik untuk membangun karir saya di dunia desain grafis.

Terima kasih atas perhatianya. Saya berharap dapat mendiskusikan lebih lanjut tentang peluang magang ini.

 

Hormat saya,

[Tanda Tangan ]

Andika Pratama

 

Dalam artikel ini, kami telah memberikan contoh-contoh surat lamaran kerja beserta panduan cara membuatnya. Semoga contoh-contoh dan tips yang telah kami bagikan bisa memandu Anda untuk  menyusun dan membuat surat lamaran kerja.

Jangan ragu untuk menggabungkan kreativitas dan kepribadian Anda dalam surat lamaran, serta selalu perhatikan kesopanan dan tata bahasa yang baik. Semoga berhasil dalam pencarian pekerjaan Anda!

Didukung Oleh :

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *