Cara Membuat Baca Selengkapnya WhatsApp

Aplikasi WhatsApp menghadirkan banyak fitur unggulan, maka dengan begitu kamu bisa menggunakannya sesuai dengan keperluan. Aplikasi yang merupakan bagian dari Facebook cs ini bisa dibilang menempati aplikasi instant messenger dengan pengguna terbanyak untuk sekarang ini. Berbagai macam fitur terus dikembangkan oleh pihak developer, seperti mengirim stiker, membuat story, membalas story, dan sebagainya.

Mungkin bagi kamu yang sering bertukar pesan dengan seseorang, sudah tidak asing lagi atau bahkan sering melihat pesan dengan baca selengkapnya atau read more. Tulisan ini akan muncul secara otomatis jika kamu mengirimkan pesan teks yang panjang, karena pesan yang akan tampilkan menjadi lebih sedikit. Tapi, membuat pesan seperti ini juga bisa dibuat sendiri tanpa perlu mengetik atau mengirim pesan yang panjang. Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai cara membuat baca selengkapnya WhatsApp, simak penjelasannya di bawah ini.

Cara membuat baca selengkapnya WhatsApp

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, baca selengkapnya akan muncul secara otomatis jika kamu mengirimkan pesan teks yang panjang kepada seseorang. Namun, kamu juga bisa membuat baca selengkapnya sendiri di WhatsApp baik untuk pesan yang panjang maupun singkat. Ada dua cara untuk membuat baca selengkapnya yaitu dengan cara manual dan cara via situs. Untuk caranya lengkapnya bisa langsung simak penjelasan dibawah ini.

1. Membuat baca selengkapnya di WhatsApp secara manual

Berikut langkah-langkah membuat baca selengkapnya di WA secara manual yang bisa kamu coba:

a. Buka aplikasi WhatsApp

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka aplikasi WhatsApp yang ada di handphone kamu terlebih dahulu. Jika kamu belum memiliki aplikasi WhatsApp, maka kamu bisa mendownloadnya di playstore. Kemudian, buka jendela chat dengan orang lain yang ingin kamu kirimi pesan Baca selengkapnya.

b. Ketik chat yang diinginkan

Pada tahap ini, kamu bisa mengetik pesan WhatsApp yang panjang. Misalnya seperti cerita lucu yang bisa membuat tertawa terpingkal-pingkal ketika membayangkannya. Jika sudah selesai mengetik pesannya, kamu bisa langsung mengirim pesan tersebut. Dan selesai, pesan panjang yang sudah kamu kirim tadi akan secara otomatis terpotong oleh tulisan Baca selengkapnya atau Read more.

2. Cara membuat baca selengkapnya di WhatsApp via situs

Jika kamu tidak berniat mengirimkan pesan teks yang panjang dan hanya ingin mengirim chat yang singkat saja. Tetapi kamu ingin tulisan baca selengkapnya muncul, kamu juga bisa membuatnya dengan menggunakan bantuan situs pembuat WhatsApp Spoiler. Untuk langkah-langkah membuatnya bisa menyimak penjelasannya di bawah ini.

a. Buka situs pembuat WhatsApp Spoiler

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu mengunjungi salah satu situs pembuatan chat spoiler wa di browser yang ada di handphone kamu.
  • Nanti akan muncul banyak situs yang bisa kamu gunakan untuk membuat chat spoiler, tetapi jangan menggunakan situs WhatsApp Spoiler Yi Jiayu (https://yijiayu.github.io/whatsapp-spoilers).

b. Masukkan pesan

  • Pada kolom warning, kamu bisa mengisinya dengan kalimat awal untuk memancing rasa penasaran orang yang ingin kamu kirimi pesan ini.
  • Kamu bisa memilih jenis pemisah kalimat awal dan kalimat akhir yang kamu inginkan pada kolom Separator.
  • Ada 2 jenis separator yang bisa kamu pilih, yaitu Single Space yang memungkinkan pesan untuk tetap terbaca saat dikutip, dan 3 jenis lines untuk tetap menyembunyikan pesan terbaca meski sudah dikutip.
  • Lalu, pada kolom content, kamu bisa mengetikan kalimat selanjutnya hingga selesai. Kamu juga bisa mengubah font WhatsApp supaya yang menerima pesan ini lebih terpukau.

c. Submit & copy pesan

  • Langkah selanjutnya tekan tombol Submit yang ada di bawah kolom content. Kamu juga bisa melihat preview pesan yang ada di kolom Message (copy this).
  • Jika sudah selesai, kamu bisa klik tombol Copy to Clipboard.

4. Buka aplikasi WhatsApp

  • Buka aplikasi WhatsApp di handphone kamu, lalu buka jendela chat orang lain yang ingin kamu kirimi pesan tadi. Lalu, tempel atau paste chat yang sudah kamu buat tadi dan enter untuk mengirim.
  • Tidak hanya WhatsApp yang resmi, aplikasi WhatsApp Mod juga bisa digunakan untuk mengirim pesan spoiler ini.
  • Jika pesan sudah berhasil dikirimkan, maka pesan secara otomatis akan terpotong dengan tulisan Baca
  • Selengkapnya sesuai dengan pesan yang sudah kamu atur tadi.

Demikian pembahasan mengenai cara membuat baca selengkapnya di WhatsApp. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, kunjungi website Kompiwin.

Tags :
Share This :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *