Apa Itu Sekolah Penggerak: Beserta Syarat dan Contohnya

Tahukah Anda mengenai Sekolah penggerak? Program sekolah penggerak ini dibuat dan diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan kebudayaan. Menteri tersebut bernama Nadiem Makarim. Menurut pendapat nadiem, sekolah penggerak ini dapat mengemudikan siswa dan peserta didik untuk menjadi akselerasi. Akselerasi tersebut digunakan untuk menciptakan pendidikan yang bermutu dan sesuai dengan visi misi pendidikan di Indonesia.

Visi dan misi pendidikan tersebut adalah untuk menciptakan pendidikan yang mempunyai mutu terbaik dan untuk mewujudkan pendidikan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan mempunyai kepribadian melalui penciptaan peserta didik sesuai pancasila.

Berikut ini penulis akan memberikan informasi mengenai sekolah penggerak dan beberapa syaratnya. Yuk, simak informasi lengkapnya dibawah ini!

Apa Itu Sekolah Penggerak?

Sekolah penggerak ini merupakan salah satu upaya atau cara untuk mewujudkan pendidikan Indonesia menjadi pendidikan Indonesia yang sehat dan unggul. Selain itu dapat mewujudkan visi misi pendidikan untuk maju berdasarkan pancasila, berdaulat, mandiri, dan mempunyai kepribadian untuk menciptakan pelajar yang berasaskan pancasila.

Program sekolah penggerak ini difokuskan pada pengembangan pendidikan dan hasil kerja siswa. Selain itu program ini juga mencakup beberapa kompetensi secara holistik dan berkarakter. Sekolah penggerak ini juga diawali dengan SDM yang unggul antara kepala sekolah dan guru.

Program sekolah penggerak ini merupakan salah satu program penyempurnaan pendidikan dan informasi pada program transformasi sekolah. Sekolah penggerak ini juga mengakselerasikan antara sekolah negeri dan swasta di seluruh Indonesia. Terdapat 1 dan 2 kondisi untuk tahapan yang lebih maju. Selain itu program sekolah penggerak ini juga dilakukan untuk program integrasi dengan ekosistem hingga seluruh wilayah Indonesia.

Contoh Komunitas Sekolah Penggerak

Banyak komunitas yang berperan aktif dalam program guru penggerak, diantaranya yaitu orang tua, tokoh masyarakat, adat, organisasi, cendekiawan, relawan, dan pemangku adat. Untuk mewujudkan cita-cita pendidikan Indonesia yang berkomitmen, semua komunitas juga berperan aktif dalam program sekolah ini. Berikut ini beberapa komunitas penggerak untuk program sekolah penggerak yaitu sebagai berikut :

Guru Penggerak

Komunitas yang berperan sangat aktif ini adalah guru penggerak. Guru ini dapat dijadikan sebagai pemimpin pembelajaran yang menerapkan konsep merdeka dalam belajar. Melalui guru penggerak ini, dapat mewujudkan cita cita bangsa dalam mewujudkan pendidikan yang maju.

Guru ini menggerakkan komunitas belajar di lingkungan sekolah maupun diluar lingkungan sekolah. Untuk menjadi seorang guru penggerak, beberapa guru harus mengikuti seleksi dan beberapa persyaratan untuk menjadi guru penggerak ini selama kurang lebih 9 bulan. Pada saat menjadi guru penggerak, guru ini akan didukung oleh instruktur, fasilitator, dan pendamping untuk pembelajaran profesional.

Persyaratan Untuk Mendaftar Sekolah Penggerak

Berikut ini beberapa persyaratan bagi kepala sekolah yang mempunyai keinginan untuk mendaftar sebagai peserta sekolah penggerak.

  1. Yang pertama yaitu mempunyai masa sisa jabatan sebagai kepala sekolah. Minimal satu kali masa jabatan.
  2. Telah terdaftar di dalam Dapodik atau data dasar pendidikan
  3. Membuat sejumlah surat pernyataan yang didalamnya menyatakan bahwasannya kepala sekolah yang yang ingin mendaftar tersebut memang sebenarnya sedang mempunyai tugas di sekolah dengan sisa masa jabatan yaitu sebagai kepala sekolah. Serta dari badan atau juga yayasan perkumpulan para sekolah yang diselenggarakan oleh pihak masyarakat.
  4. Melampirkan surat keterangan mengenai sehat rohani, bebas dari narkotika, serta juga sehat dalam jasmani.
  5. Kemudian juga melampirkan mengenai surat keterangan bebas zat adiktif, dan juga psikotropika. Dan apabila telah dinyatakan lulus pada pengunguman seleksi di tahap yang kedua.

Kemudian nantinya pihak Kemendikbud akan menyeleksi orang yang ingin mendaftar sekolah penggerak dengan kriteria berikut ini.

  • Mempunyai kompetensi tentang kepemimpinan dalam pembelajaran.
  • Mempunyai misi dan juga tujuan yang ingin dicapai.
  • Mempunyai kedewasaan yang bersifat etis.
  • Mempunyai kemampuan dalam membangun kerja sama yang baik.
  • Mempunyai pendampingan dan juga coaching atau kemampuan pendampingan yang baik.
  • Dapat berorientasi dalam hal belajar.

Sekolah penggerak ini nantinya akan dilakukan dengan secara terintegrasi serta juga bertahap. Di tahun ajaran 2021 2022, program sekolah penggerak ini nantinya akan melibatkan satuan pendidikan sebanyak 2.500 dalam 34 provinsi. Kemudian sebanyak 110 kota atau kabupaten.

Kemudian untuk di tahun ajaran 2022 2030 nanti akan melibatkan satuan pendidikan sebanyak 10.000 dalam 34 provinsi serta sebanyak 250 kota atau kabupaten. Pendaftaran dari program sekolah penggerak ini akan bermula dengan pendaftaran kepala sekolah bagi semua jenjang. Mulai dari jenjang PAUD, SD, SMP, SMA, dan juga SLB. Untuk para kepala sekolah yang mempunyai keinginan untuk mendaftar sekolah penggerak ini dapat untuk dengan segera mendaftarkan sebelum tanggal 6 Maret 2021 dalam website resmi sekolah penggerak.

Itulah tadi pembahasan mengenai apa itu sekolah penggerak beserta syarat dan contohnya. Jika Anda ingin bergabung dalam sekolah penggerak Anda dapat memahami penjelasan diatas.

Tags :
Share This :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *