about-logo

Analytical Exposition Teks : Teks yang Menjelaskan Pendapat Penulis Mengenai Sebuah Isu

Pernahkan Anda membaca sebuah buku dan menemukan kalimat opini atau pendapat, tentunya pasti kita pernah menemukan. Akhirnya, ada ketertarikan untuk membacanya dan memahami isi topik yang ada pada tulisan tersebut karena merasa hal itu ada kaitannya dengan Anda.Ternyata Kalimat seperti ini merupakan karya dalam bahasa Inggris yang disebut analytical exposition teks.

Apakah kalian sudah tahu mengenai analytical expedition teks? Jika belum mari kita simak bersama tentang pengertian, ciri kebahasaan, struktur dan contoh dari analytical expedition teks berikut ini:

 

Pengertian Analytical Exposition Teks

Analytical Exposition Teks merupakan jenis teks yang menjelaskan tentang pendapat penulis mengenai sebuah isu yang terjadi disekitarnya secara rinci, dan tidak bertujuan mempengaruhi pembaca agar menyetujuinya. Teks ini sering ditemukan di berbagai buku seperti buku majalah, ilmiah, jurnal, koran, bahkan buku pidato dan lainnya.

Namun, analytical exposition teks memiliki tujuan hanya untuk meyakinkan bahwa teks ini membahas topik yang penting. Hal yang sering dibahas biasanya berkaitan dengan sebuah masalah pada kehidupan sehari-hari.

 

Ciri Kebahasaan Analytical Exposition Teks

Anda juga perlu tahu tentang ciri kebahasaan dalam penulisan teks ini. Berikut ciri kebahasaan yang perlu Anda ketahui.

1. Simple Present Tense

Teks ini menggunakan penulisan simple present tense adalah pola kalimat yang berbentuk kata kerja yang menyatakan kebiasaan atau kejadian yang sedang berlangsung saat ini.

2. Menggunakan Kata- Kata yang dapat Mengungkapkan Perasaan

Dalam teks ini penulis mengungkapkan perasaan dan pikiran dalam isi kepala melalui teks ini. Contohnya seperti mengetahui, merasakan, mengalami, berpikir, menyadari dan lainnya.

3. Penggunaan Connective Words

Kata ini disebut kata penghubung yang bertujuan untuk menghubungkan kata dengan kata, klausa dengan klausa, frasa dengan frasa. Contohnya : atau, dengan, bahwa, oleh karena itu, untuk, sedangkan dan lain-lain.

 

Struktur pada Analytical Exposition Teks

Selain memiliki ciri kebahasaan teks ini juga punya struktur dalam penulisan yang terdiri dari 3 struktur.

1. Tesis

Hal pertama yang dilakukan ketika akan menulis analytical exposition teks yaitu tesis yang selalu ditemukan pada paragraf pertama dalam sebuah teks. Pada bagian ini penulis memberikan tahu pada pembaca tentang topik utama dan pendapat dari penulis sekaligus melihat kan kenapa si penulis memberi pendapat seperti ini.

2. Argumentasi

Pada paragraf selanjutnya yaitu bagian argumentasi. Argumentasi adalah kalimat yang memperkuat pendapat untuk mendukung topik utama yang sedang dibahas, dalam teks ini pasti dapat ditemukan beberapa argumen.

Jika semakin banyaknya argumen yang dilihat kan maka akan banyak pembaca yang percaya bahwa topik ini penting dan perlu mendapatkan perhatian lebih. Dalam argumen ini harus menggunakan pendapat yang masih berkaitan dengan apa yang sedang dibahas, dan ingat jangan menggunakan bahasa yang terlalu luas.

3. Reiteration

Di Tahap akhir setelah tesis dan argumentasi selanjutnya yaitu reiteration yang selalu ada diakhir dan menjadi penutup teks.

Reiteration adalah kesimpulan atau sering disebut juga penegasan kembali tentang pendapat penulis terhadap posisi topik utamanya.

 

Contoh dari Analytical Exposition Teks

Tesis :

Semua orang pasti tahu bahwa olahraga merupakan hal utama yang penting dan perlu Anda lakukan di kehidupan sehari-hari. Tapi mungkin ada yang belum tahu apa manfaat olahraga untuk tubuh kita, berikut ini beberapa manfaat berolahraga.

Argumentasi :

Dengan berolahraga dapat meningkatkan energi, kekuatan dan nutrisi untuk otot Anda, memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh. Jika sistem ini baik tentunya akan menyenangkan diri Anda.

Olahraga ini membuat otot dalam tubuh tetap kuat yang akan mempermudah untuk bergerak lebih leluasa dan menghindar terjadi cedera. Otot yang kuat akan mengurangi terkena resiko nyeri sendi, hal ini juga dapat dan untuk meningkatkan keseimbangan tubuh.

Selain itu juga dapat membantu Anda menurunkan dan mempertahankan berat badan yang sehat. Semakin sering berolahraga akan membuat kalori dalam tubuh banyak terbakar, sekaligus akan menjaga metabolisme Anda dengan baik.

Reiteration :

Jadi olahragalah setiap hari demi menjaga kesehatan tubuh Anda agar tetap bugar, banyak manfaat yang didapatkan seperti meningkatkan fungsi otak, memperlancar aliran darah lainnya.

 

Jadi, itulah beberapa penjelasan mengenai analytical expedition teks teks, contohnya bisa dijadikan referensi untuk Anda yang berniat membuatnya dan ikutilah struktur seperti yang sudah kami jelaskan.

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on pocket
Share on whatsapp
Share on vk
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *