about-logo
,

5 Macam Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran adalah cara dalam melakukan kegiatan interaksi dalam proses belajar antara peserta didik dan pendidik. Pendidik sendiri ketika akan menyampaikan materi kepada peserta didik sudah harus mengetahui dan memahaminya.

Seorang guru tentunya harus bisa menguasai keadaan kelas sehingga suasana belajar akan tercipta menyenangkan. Maka dari itu guru akan menyesuaikan metode pembelajaran sesuai dengan peserta didik.

Metode pembelajaran yang digunakan setiap kelasnya mungkin berbeda dengan kelas yang lain. Maka dari itu seorang guru harus mampu untuk menerapkan dengan berbagai metode pembelajaran. Berikut beberapa jenis-jenis metode pembelajaran antara lain:

 

1. Ceramah/konvensional

Metode ini merupakan menerangkan secara lisan kepada peserta didik ketika pembelajaran sedang berlangsung. Karena praktis dan ekonomis tidak memerlukan alat bantu metode ini sering diterapkan.

Tujuan dari metode ini untuk mengatasi literatur langka atau rujukan informasi selain itu guru bisa mendorong timbulnya inspirasi bagi peserta didik. Akan tetapi metode ini juga mempunyai kekurangan dan kelebihan diantaranya:

a.Kekurangan

  • Kebanyakan peserta didik akan menjadi pasif
  • Proses belajar peserta didik akan membosankan dan mudah ngantuk
  • Dengan metode ini peserta didik akan bosan atau tidak menerima pengetahuan atau informasi belajar
  • Proses ini lebih fokus ke pengertian kata-kata
  • Sulit mengontrol evaluasi proses belajar

b. Kelebihan

  • Peserta didik akan lebih fokus
  • Guru tentu akan menyampaikan informasi pelajaran lebih luas
  • Secara penuh dapat dikendalikan oleh guru
  • Jumlah yang mengikuti pembelajaran banyak

 

2. Diskusi

Metode ini merupakan proses pembelajaran yang melibatkan dua peserta didik atau lebih untuk dapat berinteraksi saling bertukar pendapat dalam memecahkan suatu masalah sehingga akan mendapat kesepakatan.

Pembelajaran sifatnya interaktif karena lebih meningkatkan peserta didik dalam memahami keterampilan dan konsep saat memecahkan masalah. Akan tetapi transformasi pengetahuan menggunakan metode ini lebih lambat.

a. Kekurangan

  • Peserta didik mendapatkan informasi terbatas
  • Membutuhkan waktu yang cukup lama
  • Orang-orang yang menguasai hanya yang suka berbicara atau mementingkan diri

b. Kelebihan

  • Menambah wawasan
  • Dapat memecahkan suatu masalah secara bermusyawarah
  • Dapat menghargai pendapat orang lain
  • Kreativitas peserta didik lebih terbentuk

 

3. Demonstrasi

Metode pembelajaran ini sangat efektif karena peserta didik dapat mencari jawaban dari usaha sendiri berdasarkan benar dan fakta. Proses metode mengajar ini digunakan untuk memperlihatkan proses terjadinya sesuatu.

Metode ini cukup efektif karena membantu peserta didik untuk mendapatkan jawaban dengan mengamati pada suatu proses atau peristiwa.

a. Kekurangan

  • Memerlukan keterampilan guru yang khusus
  • Waktu yang dibutuhkan lama
  • Fasilitas yang kurang

b. Kelebihan

  • Menghindari adanya verbalisme
  • Proses mengajarnya lebih menarik
  • Peserta didik diajarkan untuk mengamati dan menyesuaikan teori dan kenyataan serta untuk mencoba melakukan sendiri

 

4. Tanya jawab

Metode ini merupakan cara mengajar yang memungkinkan peserta didik dan guru akan terjadi komunikasi secara langsung yang sifatnya dua arah lalu lintas. Guru akan bertanya kemudian peserta didik akan menjawabnya. Hal ini terjadinya timbal balik antara guru dan peserta didik secara langsung.

a. Kekurangan

  • Waktu akan sering terbuang
  • Soal yang dibuat mudah karena tidak sesuai dengan tingkat berpikir sehingga peserta didik mudah memahami
  • Waktu untuk memberikan pertanyaan kepada peserta didik berkurang
  • Peserta didik akan merasa takut karena mendorong peserta didik untuk berani dengan suasana yang tidak tegang

b. Kelebihan

  • Pertanyaan yang mudah dapat menarik dan memilukan peserta didik
  • Melatih keberanian dan keterampilan peserta didik ketika menjawab
  • Membuat peserta didik lebih terlatih dan mengembangka daya pikir dan daya ingatnya

 

5. Study tour

Metode pembelajaran karya wisata (study tour) merupakan salah satu metode pembelajaran mengajak para peserta didik untuk mengunjungi pada suatu objek bertujuan untuk memperluas pengetahuan serta membuat laporan dengan berdiskusi kemudian hasilnya dibukukan.

a. Kekurangan

  • Kurangnya fasilitas
  • Mengatur peserta didik yang cukup banyak
  • Membutuhkan perencanaan yang matang
  • Mengabaikan unsur belajar
  • Memerlukan koordinasi supaya waktu yang digunakan tidak sia-sia

b. Kelebihan

  • Bahan pelajaran yang diperoleh aktual dan luas
  • Memanfaatkan prinsip mengajar dengan lingkungan nyata
  • Merangsang kreativitas peserta didik
  • Membuat hubungan dengan apa yang dipelajari

 

Nah itulah beberapa metode-metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru ketika mengajar. Metode pembelajaran ini sangat penting karena metode ini berpengaruh juga kepada peserta didik.

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on pocket
Share on whatsapp
Share on vk
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *