5 Alasan Anak Sekolah Wajib Mengenakan Seragam 

Salah satu identitas yang menonjol dari anak sekolah yaitu seragam. Penggunaan seragam diterapkan mulai dari taman kanak-kanak hingga SMA/SMK. Kita selalu memakainya untuk belajar di sekolah. Memang beberapa negara tidak mewajibkan siswanya mengenakan seragam. Namun, di Indonesia, setiap murid diwajibkan untuk  menggunakan seragam untuk belajar di sekolah. Tapi apakah kamu mengetahui fungsi dari seragam sekolah tersebut?

Berikut ini alasan anak sekolah harus menggunakan seragam untuk pergi ke sekolah:

  1. Untuk Membedakan Tingkatan

Fungsi yang paling mendasar dari penggunaan seragam yaitu untuk membedakan tingkat pendidikan. Misalnya untuk SD wajib untuk menggunakan seragam yang berwarna merah putih, SMP dengan seragam biru putih, dan SMA/SMK menggunakan seragam yang berwarna putih abu-abu. 

  1. Penilaian Kedisiplinan

Sekolah adalah tempat yang memiliki fungsi untuk menguji tingkat kedisiplinan dari seseorang. Salah satunya dengan seragam yang digunakan. Seragam ini biasanya terdiri atas beberapa elemen seperti ikat pinggang, dasi, topi, kaos kaki, sepatu, dan badge pada seragam. Dengan melihat kelengkapan dari seragam tersebut maka seseorang akan terlihat sifat kedisiplinannya. 

  1. Identitas Sekolah

Selain seragam reguler, sekolah juga biasanya memiliki seragam khusus untuk identitas dari sekolah. Hal ini sangat berguna ketika sedang mengikuti sebuah perlombaan ataupun kompetisi antarsekolah. Tentunya masing-masing sekolah akan mempunyai identitas khusus melalui seragam yang mereka gunakan. Hal ini tentu akan mempermudah para juri dalam menilai hasil perlombaan, karena para peserta menggunakan seragam yang berbeda-beda. 

  1. Menghindari Kesenjangan Sosial

Penggunaan seragam sekolah dapat menurunkan kesenjangan antara siswa yang berasal dari keluarga mampu dan tidak mampu. Karena tentunya dalam satu sekolah akan menggunakan satu seragam yang sama. Jika seragam tidak diterapkan pada sekolah tentunya akan terlihat sekali perbedaan antara siswa yang berasal dari keluarga mampu dan tidak mampu. Dengan menggunakan seragam maka akan mengajarkan anak untuk saling menghormati satu sama lain dan menjadikan pribadi yang disiplin.

  1. Memberikan Rasa Nyaman Saat Belajar 

Hal terpenting dengan menggunakan seragam pada saat ke sekolah yaitu, seragam akan membuat kegiatan belajar-mengajar terasa nyaman. Hal ini dikarenakan model seragam yang sederhana sehingga akan terasa nyaman saat dikenakan. Maka dari itu, rawatlah seragammu supaya dapat digunakan senyaman mungkin pada saat pembelajaran. 

Tips Merawat Seragam Sekolah 

  1. Menggantung Baju

Usahakan menggantung seragam setelah dicuci. Tempatkan pada tempat yang terkena angin, supaya baju cepat kering dan tidak menimbulkan bintik-bintik hitam pada baju. Bintik hitam tersebut sering muncul pada bagian ketiak baju dan punggung baju, dan kemunculannya disebabkan oleh udara yang lembab. 

  1. Mencuci Baju 

Jika baju mulai kotor maka segeralah cuci menggunakan sabun cuci. Jika tidak mempunyai mesin cuci, kamu dapat menggunakan sikat yang lembut. Sikat baju jika memiliki noda dan jangan campur baju seragam dengan baju lain karena dikhawatirkan terkena lunturan warna baju yang lain. Setelah itu bilas dengan air bersih, pastikan tidak ada sabun yang masih menempel pada baju seragam. 

  1. Menjemur Baju 

Jemurlah baju di tempat yang tidak terkena cahaya matahari secara langsung. Ini karena cahaya matahari akan membuat warna baju menjadi kusam bahkan akan membuatnya cepat lapuk. Sehingga cukup dengan mengangin-anginkan baju saja supaya baju awet. Maka dari itu, pilihlah tempat yang teduh dan terkena angin.

  1. Menyetrika Baju

Gunakan setrika pada suhu sedang sehingga tidak akan merusak serat-serat pada kain. Menggunakan suhu tinggi saat menyetrika, akan membuat baju cepat tipis. Gunakan semprotan pelicin pakaian jika kamu memilikinya, semprotan ini memiliki fungsi supaya baju mudah disetrika dan tidak mudah kusut. 

  1. Sikap Duduk dan Bersandar 

Ketika kamu sedang duduk pada kursi sekolah maupun di tempat lain, dan bersandar pada kursi tersebut maka secara tidak langsung baju seragam akan bersentuhan dengan kursi tersebut. Jika sering menggeser-geser punggung ke kursi maka akan menyebabkan baju menjadi mudah lapuk. Selain itu perhatikan kursi, apakah ada benda tajam yang menempel atau tidak, karena jika tidak sengaja tersenggol maka akan merusak baju. 

Itulah beberapa alasan anak sekolah wajib mengenakan seragam yang dapat dijadikan sebagai referensi. Untuk kamu yang masih bingung untuk mencari  baju seragam sekolah yang sesuai, kamu dapat menggunakan layanan konveksi Ungaran untuk pembuatan seragam kerja semarang. Jasa konveksi Ungaran menerima jasa pembuatan seragam sekolah dan telah berpengalaman dalam membuat berbagai jenis seragam. 

Tags :
Share This :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *